Bentuk Kerangka Tim Porwil, Percasi Lampung Gelar Elite Top Open Turnamen

img
Elit Top Open Turnamen 2023 yang diselenggarakan Pengprov Percasi Lampung, di Taman Santap Rumah Kayu, Bandarlampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Lampung terus mematangkan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera, di Provinsi Riau pada bulan November mendatang.

Terkait hal tersebut, Pengprov Percasi Lampung menggelar kompetisi bertajuk Elit Top Open Turnamen. Kejuaraan yang diikuti 24 pecatur itu berlangsung, di Taman Santap Rumah Kayu, Bandarlampung, 7 hingga 10 Agustus 2023.

"Di turnamen ini kita mempertandingkan nomor catur klasik. Perlu digaris bawahi,turnamen ini bukan seleksi atlet, tapi menjadi acuan untuk membentuk kerangka tim catur Lampung menghadapi Porwil di Riau nanti. Jadi pemenang turnamen ini, tidak otomatis bisa ikut bertanding di Porwil," kata ketua panitia pelaksana turnamen teresbut Arya Khalif, mewakili Ketua Percasi Lampung Yanuar Irawan, Selasa (8-8-2023).

Arya yang juga menjabat Sekretaris Percasi Lampung itu menyebut, bukan hanya kemampuan teknis atlet yang akan menjadi acuan dalam pembentukan kerangka tim Porwil melalui turnamen tersebut.

"Kita tidak hanya melihat dari kemampuan teknis, attitude dalam pertandingan juga menjadi pertimbangan dalam membentuk kerangka tim," terangnya.

Pada Porwil mendatang ,cabang olahraga catur akan mempertandingkan nomor perorangan dan beregu putra. "Peringkat satu dan dua dari nomor perorangan dan beregu pada Porwil nanti, akan mendapatkan tiket untuk lolos ke PON 2024 di Sumatera Utara dan Aceh," ungkapnya.

Sedangkan, peringkat ketiga harus mengikuti pertandingan play-off untuk mendapat sisa jatah tiket PON 2024. "Mudah-mudahan, catur putra kita, beregu atua perorangan bisa dapat tiket PON di Porwil nanti," harapnya.

Pada PON tahun 2021 di Papau, Percasi Lampung mengirimkan tim beregu putri. "Kalau untuk catur putri, tiket PON diperebutkan melalui  pertandingan kualifikasi atau Pra-PON yang akan digelar di Bandung, Jawa Barat," terangnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos