Waykanan Sosialisasi PUSPAGA

img
Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan Saipul membuka Sosialisasi PUSPAGA

MOMENTUM, Blambanganumpu--Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Waykanan menggelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Buway Pemuka Pengiran Udik, Kantor Pemkab Waykanan itu dibuka Sekretaris Daerah setempat Saipul, Selasa (12-9-2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan Saipul mengatakan, secara umum sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan kualitas keluarga dengan mengoptimalkan upaya PUSPAGA sebagai sarana informasi, edukasi dan konseling.

"Semoga melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman terkait pentingnya upaya pencegahan kekerasan terhadap anak dan  perempuan, sekaligus mencegah terjadinya tindak pidana perdagangan orang," kata Saipul.

Selain itu, lanjut dia, keberadaan PUSPAGA juga bagian dari upaya lebih mengoptimalkan status Kabupaaten Layak Anak.

"Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014, setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemausiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi," terangnya.

Karena itu, diperlukan upaya untuk menyatukan tanggungjawab orang tua dan kewajiban negara untuk membantu mengatasi permasalahan keluarga. Salah satunya dengan pembentukan Puspaga yang berfungsi sebagai layanan satu pintu keluarga.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Waykanan Indra Kesuma dalam laporanya menyampaikan, kegiatan tersebut diikuti perwakilan organisasi dan komunitas peduli anak, antara lain: Forum Anak, PATBM dan  Nuwa Curhat.

"Tujuan sosialisasi ini memberikan pemahaman tentang bagaimana meningkatkan kualitas kehidupan keluarga menuju keluarga sejahtera melalui peningkatan kapasitas orang tua/keluarganya atau orang yang bertanggung jawab terhadap anak," terangnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos