Kemenag Pringsewu Gelar MTQ Madrasah Tingkat Kabupaten

img
Sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi membuka MT2QM di GSG Kantor Kementerian Agama setempat.

MOMENTUM, Pringsewu -- Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu menggelar Musabaqah Tilawah dan Tahfidz Al-Quran Madrasah (MT2QM) tingkat kabupaten setempat.

MT2QM yang baru pertama digelar itu berlangsung dua hari, 20-21 September 2023. Diikuti 222 pelajar tamak kanak-kanak, madrasah tingkat dasar atau ibtidaiyah, menengah pertama/tsanawiyah atas atas/aliyah di Pringsewu.

Disebutkan, dari jenjang RA berjumlah 12 peserta, jenjang MI berjumlah 112 peserta, jenjang MTS 70 peserta serta jenjang MA 28 peserta. 

Musabaqah yang berlangsung di GSG Kantor Kemenag Pringsewu itu dibuka Sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi, Rabu 20 September 2023.

Heri mengatakan Pemkab Pringsewu mengapresiasi MT2QM yang diselenggarakan Kementerian Agama setempat. Diharapkan akan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, serta meningkatkan ukhuwah di antara peserta yakni siswa-siswi madrasah di Kabupaten Pringsewu.

Dia berharap pembinaan terhadap peserta yang terpilih sebagai juara nanti, kiranya dapat lebih dimaksimalkan sehingga pada MT2QM tingkat Provinsi Lampung mendatang, Pringsewu mendapat prestasi terbaik sebagaimana yang kita harapkan.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu Junaidi Siradj mengatakan MT2QM adalah sistem kompetisi di bidang tilawah dan tahfidz Al-Quran pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung yang dilaksanakan secara berjenjang  pada tingkat madrasah.

Selain untuk memetakan potensi dan kompetensi siswa di bidang tilawah dan tahfidz Al-Quran, juga untuk meningkatkan budaya literasi Al-Quran dan akhlakul kharimah serta untuk meningkatkan kualitas pembinaan tahfidz dan tilawah di madrasah.

"Tujuan dari MT2QM adalah untuk menjaring calon kafilah Kabupaten Pringsewu yang akan mengikuti MT2QM ke-3 Provinsi Lampung 2023,"jelas Junaidi Sirad. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos