PWI dan MKKS Lambar Gelar Pelatihan Jurnalistik

img
Pelatihan jurnalistik dan kehumasan yang digelar PWI dan MMKS Lampung Barat.

MOMENTUM, Liwa -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Barat (Lambar) mengadakan pelatihan jurnalistik dan kehumasan di SMA Negeri 1 Liwa, Lambar, Selasa 31 Oktober 2023.

Pelatihan diikuti 90 peserta perwakilan SMA, SMK dan MAN se-Kabupaten Lampung Barat. Kegiatan ini kerjasama PWI dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Lambar.

PWI Lambar memberikan pembekalan tentang materi teknik penulisan berita, materi tentang kehumasan dan press release, materi tentang media massa, medsos dan internet safety, hingga materi teknik pengambilan foto dan video untuk kebutuhan jurnalistik.

Ketua PWI Lampung Barat, Rifai Arif mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda PWI untuk memberi wawasan siswa siswi dalam pemanfaat informasi.

"Pengetahuan tentang jurnalistik sangat penting bagi siswa dalam pemanfaatan informasi. Sehingga mereka dapat merespon dengan bijak terhadap informasi seperti yang ada di media sosial," ungkap Rifa'i di sela kegiatan tersebut.

Selain itu, kata dia, pelatihan tersebut diharapkan menumbuhkan minat siswa siswi terhadap dunia jurnalistik.

"Minat mereka terhadap jurnalistik ini harus kita tumbuhkan, dengan begitu akan muncul nantinya jurnalis-jurnalis yang kompeten dan profesional," tambahnya.

Di sisi lain, salah satu siswa peserta pelatihan, Obhet Adrian siswa SMAN 1 Liwa, mengapresiasi pelatihan jurnalistik yang diadakan PWI Lampung Barat.

"Kegiatan seperti ini sangat bagus ya, kami jadi sedikit banyak mengerti dunia jurnalis. Juga dengan adanya kegiatan ini saya juga mengerti bagaimana membuat dan menyikapi informasi yang beredar baik pada media massa ataupun media sosial," ujarnya.

Obhet berharap, PWI Lampung Barat akan terus melakukan kegiatan yang mengedukasi siswa siswi ataupun masyarakat awam yang kurang mengenal dunia jurnalistik.

"Ternyata dunia jurnalistik ini sangat kompleks, kegiatan yang mengedukasi seperti sangat perlu untuk dilakukan kepada kami siswa sekolah ataupun untuk masyarakat awam yang tidak paham tentang jurnalistik," kata dia. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment