Tim Catur Putra Lampung Siap Tanding Menggapai Penantian Tiga Dasawarsa

img
Tim Catur Lampung latihan persiapan Porwil XI Sumatera

MOMENTUM, Pekanbaru--Tim catur putra Lampung siap memulai perjuangan mewujudkan asa lolos ke PON (Pekan Olahraga Nasional), setelah 37 tahun penantian.

Perjuangan mewujudkan penantian lebih dari tiga dasawarsa itu akan dimulai Minggu 5 November 2023 melalui gelanggang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera, di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Hari pertama pertandingan cabor catur Porwil XI, akan memainkan nomor catur kilat yang akan digelar di Hotel Aryaduta, Kota Pekanbaru.

Di nomor tersebut, kontingen Lampung menurunkan lima pecatur, tiga diantaranya berlebel MN (master nasional): MN Said Ansyori, MN Hendry Gere, MN Yoan Doni, Guritno dan M. Ihsan Siregar.

“Saat ini seluruh pecatur dalam kondisi fit dan siap tanding, besok," kata Manajer Tim Catur Lampung Nunu Nugraha, Sabtu (4-11-2023).

Menurut Nunu, ada sedikit perbedaan aturan penempatan papan pecatur pada Porwil kali ini.

"Porwil kali ini ada hal berbeda dari aturan sebelumnya. tempat atau papan para pecatur ditentukan berdasarkan rangking dari Elo masing-masing pecatur. Jadi kita tidak bisa menempatkan para pemain kita seperti aturan sebelumnya,” terangnya.

Cabor catur Porwil XI Sumatera diikuti delapan Provinsi: Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka-Belitung dan Provinsi Ria selaku tuan rumah.

"Aceh dan Sumatera Utara tidak turun di Porwil XI. Mereka dapat tiket lolos otomatis karena akan menjadi tuan rumah PON tahun depan," jelasnya.

Selain catur kilat, di Porwil XI Sumatera juga akan memainkan nomor: catur cepat dan catur klasik.

Terakhir kali, catur putra Lampung tampil di PON  tahun 1986. 

"Mohon doa dan dukungan, agar catur putra Lampung bisa mewujudkan harapan lolos ke PON tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara," harapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos