PON 2024, Lampung Kembali Tanpa Sepak Bola

img
Semifinal sepak bola Porwil XI Sumatera, Lampung vs Sumatera Barat

MOMENTUM, Pekanbaru--Pupus sudah harapan kontingen Lampung menambah medali emas di ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera.

Tim sepak bola yang menjadi satu-satunya harapan Lampung menambah koleksi medali emas, dipaksa takluk 0-1 dari Sumatera Barat (Sumbar) di semifinal Porwil XI Sumatera, Sabtu 12 November 2023.

Kekalahan itu, otomatis membuat Lampung gagal mengirim tim sepak bola ke Pekan Olaraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024 mendatang.

Dua tiket PON cabor sepak bola yang disiapkan melalui ajang Porwil tersebut, menjadi milik tuan rumah Riau dan Sumatera Barat, yang akan bertemu di partai final. Juara dan runner up cabor sepak bola Porwil XI Sumatera, otomatis lolos ke PON tahun depan.

Laga semifinal sepak bola Porwil XI Sumatera dihelat  di Stadion Utama Riau. Anak-anak Lampung sebenarnya lebih mengusai jalanya pertadingan. Terutama pada babak pertama. Sejumlah peluang emas pun diciptakan tim asuhan M Nasir itu. Namun, kekurangtenangan dalam penyelesaian akhir, membuat sejumlah peluang emas itu gagal berbuah gol. Salah satunya di menit ke-30. Stirker Lampung Agung Anka melapaskan shooting keras yang membentur tiang gawang Sumbar.

Di babak kedua, malapetaka itu datang. Tepatnya di menit ke 50. Keasikan menyerang, anak-anak Lampung terlambat mengantisipasi serangan balik cepat yang dibangun anak-anak Sumbar.  

Penyerang Sumbar Jimy Triyan yang berdiri bebas di kontak pinalti berhasil memanfaatkan umpan balik dari belakang. Bola hasil sontekan kaki kanan Jimy itu gagal diamankan kiper Lampung Rendi Andika.

Tertinggal satu gol, anak-anak Lampung meningkatkan intensitas serangan. Lagi-lagi kekurangtenangan dalam penyelesaian akhir, membuat Lampung gagal menyamakan kedudukan. Skor 1-0 untuk kemenangan Sumbar tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda akhir pertadingan.

Di final, Selasa (14-11-2023) tim sepak bola Sumbar akan menghadapi tuan rumah Riau. Sedangkan, Lampung akan bertemu Bangkabelitung untuk memperebutkan medali perunggu.

Dari cabor bola voli putra, Lampung berhasil menyabet medali perunggu setelah mengalahkan Bangkabelitung 3-0 di pertandigan perebutan juara ketiga. Sebaliknya, tim voly putri Lampung gagal mempersembahkan medali perunggu setelah kalah 2-3 dari tuan rumah Riau. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos