1.434 Perenang Ikut Lampung OSC Gubernur Cup V

img
Peserta Lampung OSC Gubernur Cup.



MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 1.434 perenang dari berbagai daerah di Indonesia berkompetisi di Lampung Open Swimming Championship (OSC) Gubernur Cup V 2023.  Kejuaraan renang skala nasional ini digelar di Kolam Renang Pahoman, Kota Bandarlampung sejak  24 hingga 26 November 2023.

Ribuan perenang muda ini saling adu kemampuan dalam lima kelas yang terbagi dalam kelompok umur (KU) 1 16-18 tahun, KU2 (14-15 tahun), KU3 (12-13 tahun), KU4 (10-11 tahun), dan Fun Swimming untuk kategori SD, SMP, SMA. 

Ketua Akuatik Indonesia Lampung Ade Utami Ibnu mengatakan, Piala Gubernur ini menjadi bahan evaluasi bagi capaian prestasi atlet-atlet selama ini. "Mereka berlatih setiap hari, maka di sinilah atlet-atlet itu diliat waktu terbaik yang bisa dicapai mereka," kata Ade pada Sabtu, (25-11-2023). 

Ade menyampaikan, kegiatan ini akan melahirkan atlet-atlet renang berbakat siap berkiprah di kejuaraan kancah nasional. Termasuk untuk mencatatkan prestasi terbaik pada PON 2024 mendatang. "Ini road map nya Akuatik Lampung, untuk bisa berprestasi di PON 2024, PON 2028, dan PON 2032 nanti," tegasnya. 

Dia menyebutkan, 1.434 peserta yang mengikuti OSC Gubernur Cup tergabung dalam 56 klub renang yang berasal dari Provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, hingga Papua Barat. "Alhamdulillah, target kami sebelumnya diikuti seribu peserta, tapi ini sangat antusias hingga pecah rekor sampai ada 1.434 peserta," kata dia.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama baik yang terjalin bersama Akuatik Indonesia Lampung seiringnya penyelenggaraan Lampung OSC Gubernur Cup V 2023.

Menurut dia, kegiatan-kegiatan semacam ini patut mendapatkan dukungan penuh mulai dari pemerintah, orang tua atlet, dan seluruh masyarakat Lampung, guna melahirkan atlet beprestasi di tingkat nasional melalui cabang olahraga renang. 

"Kita lihat kemarin ada ajang Porwil, cabang olahraga renang kita bisa menyumbangkan medali bagi Provinsi Lampung, hal-hal seperti ini harus kita support. Salah satunya melalui kegiatan seperti ini," kata Desca.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos