Walikota Metro Turun Langsung Periksa Kondisi Kesehatan Masyarakat

img
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin memeriksa kondisi kesehatan masyarakat

MOMENTUM, Metro--Sebagai salah satu program prioritas, peningkatan derajat kesehatan masyarakat mendapat perhatian serius Walikota Metro Wahdi Sirajuddin. Program homecare atau pelayanan kesehatan langsung ke rumah warga, pun gencar dilakukan.

Tak tanggung-tangung, Wahdi yang berprofesi sebagai dokter itu pun langsung menjadi pioner pelaksanaan program layanan kesehatan homecare. Tiga rumah warga lanjut usia, di wilayah Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, disambangi Wahdi, Senin (4-12-2023). Menggunakan stetoskop Sang walikota pun langsung memeriksa kondisi kesehatan tiga lansia yang disambanginya. 

Kepada masyarakat, walikota meminta untuk tanggap dan lebih peduli terhadap kondusi lingkungan sosial.

“Pelayanan homecare ini bukan hanya mengandalkan  tenaga kesehatan saja. Harus didukung dengan masyarakat. Kita semua harus tanggap dengan lingkungan, bagaimana kondisi kebersihanya. Pun kesehatan. Kalau ada tetangga terutama mereka yang Lansia, sakit, kita bantu ke puskesmas atau menghubungi petugas homecare," pintanya.

Dia menerangakan, layanan kesehatan homecare itu selaras dengan program kesehatan Pemerintah Provinsi Lampung maupun pusat.

Selain layanan kesehatan homcare, Pemkot Metro juga meluncurkan berbagai program kesehatan, seperti: Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas. Kemudian, penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS dan  Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. 

"Implementasi layanan kesehatan bertujuan memudahkan dan membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Pemkot Metro memberikan kemudahan itu, mengcover biayanya melalui program UHC (universal health coverage)," ungkapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos