Pj Bupati Tanggamus Buka Biktek Agribisnis Usaha Ternak

img
Penandatanganan dukungan kerjasama Pengembangan Agribisnis Model Umbul Berjaya yang disaksikan Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan.

MOMENTUM, Gisting--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Ir Mulyadi Irsan menghadiri sekaligus membuka bimbingan teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Pengembangan Agribisnis Model Umbul Berjaya: Usaha Masyarakat Beternak untuk Lampung Berjaya.

Kegiatan berlangsung di Aula Hotel 21 Kecamatan Gisting, Tanggamus, Senin (4-12-2023). Pj Bupati Mulyadi Irsan menyampaikan kegiatan bimtek tersebut sebagai upaya pengembangan agribisnis peternakan yang terintegrasi dari hulu ke hilir serta penguatan nilai tambah daya saing usaha ternak di Provinsi Lampung.

Menurut dia, subsektor peternakan merupakan salah satu yang masih menjadi andalan dalam penopang kehidupan masyarakat di Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Tanggamus. 

"Bahkan sub sektor peternakan juga cukup signifikan dalam kontribusi PDRB di Kabupaten Tanggamus, ternak kambing masih menjadi komoditi ternak utama di Tanggamus," terangnya.

Selain itu, berdasarkan hasil pencatatan dan pendataan Disnakbun Kabupaten Tanggamus pada bulan Desember 

ini, jumlah populasi kambing sebanyak 205.418 ekor, sapi potong sebanyak 6.755 ekor, domba sebanyak

8.479 ekor sedangkan untuk unggas tercatat ayam buras sebanyak 377.276 ekor, ayam ras pedaging sebanyak 30.220 ekor serta itik sebanyak 36.490 ekor.

Selanjutnya, dari kondisi tersebut potensi untuk penerapan pengembangan "Umbul Berjaya" sangatlah baik di Kabupaten Tanggamus. Saat ini jumlah populasi ternak dan dan ketersediaan pakan sangat memadai. Terlebih, didukung kondisi iklim yang sejuk. 

"Hal itu menjadikan kondisi ternak di Kabupaten Tanggamus memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan ternak dari daerah lain terutama pada jenis ternak kambing," ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi pondasi dalam upaya pengembangan Agribisnis peternakan yang terintegrasi dari hulu ke hilir. "Tujuan meningkatkan daya saing dan nilai tambah hasil para peternak yang bermuara pada meningkatkan nilai tukar petani dan daya saing petani serta berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan  masyarakat serta dapat meningkatkan pendapatan daerah maupun nasional," ujarnya.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Ir Lili Marwati mengatakan kegiatan hari ini kita melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada pengembangan agribisnis model umbul berjaya.

Umbul berjaya adalah usaha masyarakat peternak untuk kampung berjaya. "Kita akan kembangkan pola kluster dari hulu hingga hilir yang berbasis agribisnis. Nanti dari pola kluster dari hulu ke hilir kita akan cari dulu oftekernya siapa, kelompok peternak sudah berjalan apa belum," terangnya. 

Diharapkan, kelak dengan pengembangan agribisnis ini Tanggamus bisa menjadi file project untuk pengembangan ternak kambing saburai.  (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos