BPBD Metro Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Pohon Tumbang

img
Kepala BPBD Kota Metro Firdaus Saparyani

MOMENTUM, Metro--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi bencana banjir dan pohon tumbang. Menyusul datangnya musim hujan.

Kepala BPBD Kota Metro Firdaus Saparyani meminta masyarakat lebih memperhatikan kebersihan lingkungan. Terutama drainase atau saluran air.

"Harus memperhatikan kebersihan lingkungan. Jangan sampai ada tumpukan sampah yang menyumbat saluran air yang bisa memicu terjadinya banjir," kata Firdaus, Kamis (7-12-2023).

Dia menyebut, selama ini kejadian banjir di Kota Metro bersifat dadakan. Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada dan berupaya melakukan antisipasi.

"Secara umum kondisi geografis Kota Metro dataran. Jadi selama ini, banjir yang terjadi  sifatnya dadakan. Bukan banjir bandang. Tapi masyarakat harus tetap waspada dan melakukan upaya antisipasi," imbaunya. 

Berdasarkan data, beberapa wilayah yang kerapa menjadi langganan banjir: Kelurahan Iringmulyo di belakang rumah sakit umum, Kelurahan Hadimulyo Barat, Hadimulyo Timur. Perumahan Prasanti Mulyojati, dan belakang pengadilan perbatasan Kecamatan Metro Barat dan Metro Timur.

Dia juga mengimbau masyarakat agar berhati-melintas dijalan yang terdapat pepohonan.

Selain itu, para orang tua juga diminta lebih memperhatikan anak-anaknya agar tidak bermain di sekita saluran irigasi. 

BPBD Metro menyediakan layanan Call Center di nomor 112, jika terjadi bencana. "Kami pastikan tenaga kami selalu siap. Personel kami ada 60 orang, ada tiga perahu karet dan satu unit mesin penyedot serta gergaji mesin," ungkapnya.(**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos