Persiapan PON XXI, Sarana Hunian Atlet Siap

img
Ketua Harian KONI Provinsi Lampung Amalsyah Tarmizi (tengah) mengikuti pertemuan dan koordinasi kontingan peserta PON XXI

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Besar Pekan Olaharaga Nasional (PB-PON) XXI memastikan sarana hunian atlet untuk pesta olahraga empat tahunan itu sudah siap.

Kabar tersebut disampikan Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung Amalsyah Tarmizi usia mengikuti  pertemuan dan koordinasi Chief of De Mission (CDM) kontingan peserta PON XXI yang akan dihelat di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, September 2024. Pertemuan tersebut membahas sekaligus memberikan informasi terkait teknis dan nonteknis persiapan pelaksanaan PON.

“PB PON menyampaikan untuk hotel atlet, semua selesai dan mendapatkan fasilitas hotel yang cukup baik. Namun sempat ada perdebatan kecil terkait persentase peserta dan panitia untuk covering biaya hotel di Aceh," kata Amalsyah.

Sebelumnya, lanjut dia, panitia wilayah Aceh menetapkan hanya mencover 30 persen saja. Namun, akhirnya disetujui memberikan fasilitasnya 50 persen dan sisanya ditanggung kontingen masing-masing. "Untu venue pertandingan, mayoritas belum sempurna. Namun, sudah memasuki angka 80-90 persen khususnya yang di Sumatera Utara. Sedangkan di Aceh memang agak sedikit lamban," ungkapnya.

Meski demikian, pihak penyelenggara menyanggupi penyelesain pembanungan venue tepat waktu. Terlebih, sebelumnya sudah di tinjau tim dari Kemenpora dan KONI Pusat.

"Untuk opening ceremony di Aceh, akan dihadiri Presiden Jokowi bersama para menteri,” tambahnya.

Pada PON XXI, Kontingen Lampung meloloskan 55 cabang olahraga. Dari jumlah tersebut, 28 cabor  akan dipertandingakan di Aceh dan 27 cabor dipertandingkan di Sumatera Utara. "Atlet kita yang akan bertanding di Aceh berjumlah 181 orang. Sedangkan di Sumatera Utara 186 orang," terangnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos