Jelang PON, Petembak Lampung Berjaya di Piala Kapolri

img
Petembak Lampung meraih medali emas kejuaraan Piala Kapolri 2024

MOMENTUM, Jakarta--Cabang olahraga menembak masih menjadi salah satu andalan kontingen Provinsi Lampung untuk mendulang mendali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara dan Aceh, September 2024.

Gambaran potensi meraih medali emas di ajang even olahraga multicabang empat tahunan itu pun semakin terbuka. Setidaknya terlihat dari hasil kejuaraan menembak khusus putra memperebutkan Piala Kapolri, 8 hingga 15 Juli 2024.

Pada turnamen yang berlangsung di Lapangan Tembak Senayan Jakarta itu, para petembak Lampung menyabet dua medali emas dari dua nomor: 50m Pistol Men Individual dan Beregu Free Pistol 50m Men.

Pada nomor 50m Pistol Men Individual yang diikuti 29 peserta dari seluruh Indonesia, petembak Lampung Wira Sukmana berhasil total poin tertinggi 538 dari enam kali tembakan:  91, 94, 84, 89, 90, dan 90. 

Dari nomor 50m Pistol Men Individual, atlet menembak Lampung juga berhasil meraih medali perunggu atas nama Nanda Suhelmi dengan total poin 533. Sedangkan medali perak diraih petembak Jawa Tengah Iqbal Raia Prabowo dengan total poin 537. 

Satu emas lainya direbut  para petembak Lampung dari  nomor Beregu Free Pistol 50m Men: Wira Sukmana, Nanda Suhelmi dan Maryono.

Medali perak jatuh ke tangan regu Jawa Barat: Iwan, Anang, Marthin. Regu DKI Jakarta yang dimotori: Isro, Yudha dan Raja harus puas dengan medali perunggu.

Manajer Tim Menembak Lampung Hendro mengatakan, raihan medali tersebut memang bukan target utama. "Turnamen ini sebagai uji kemampuan anak-anak untuk mengejar target utama di PON nanti," kata Hendro.

Menurut dia, hasil turnamen tersebut akan tetap menjadi bahan evaluasi untuk lebih memaksimalkan pencapaian target medali emas PON.

“Alhamdulillah kami mampu memberikan penampilan yang baik di turnamen ini. Namun, kami tetap akan melakukan evaluasi, agar lebih maksimal di PON nanti," terangnya. 

Pada turnamen Piala Kapolri itu, para petembak Lampung juga turun di  nomor beregu Air Riffle Man.

“Di nomor Air Riffle Man, kami ada di posisi empat. Namun ini akan kami tingkatkan terus ke depan, karena dua minggu lagi ada Perbakin Aniversary. Kami akan coba meraih yang lebih baik," ungkapnya.

Di cabor menembak PON XXI Aceh-Sumut 2024, kontingen Lampung akan menurunkan:

Maryono, Wira Sukmana, Nanda Suhelmi, Septian Bagus Sasmita, Theo Saputra, Buphin, Hendro Susanto, Bambang Sumadi dan Tegar Anugerah. Mereka akan turun bertanding di sejumlah nomor, antara lain: 10 m air pistol perorangan & beregu putra, 10 m air rifle perorangan, 50 m Pistol perorangan, trap perorangan dan beregu serta  Double Trap perorangan.

Sedangkan di bagian putri, Lampung menurunkan tiga atlet Adylia Safitri, Ayu Dini Fitriasih dan Meisry Vidi Nanda Risampessy. Mereka juga  akan turun di sejumlah nomor:  25m pistol perorangan putri, trap perorangan dan beregu, double trap perorangan, sket perorangan dan10m air pistol beregu campuran. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos