Poltekes Tanjungkarang Periksa Penderita Deabetes di Pesawaran

img
Pemeriksaan penderita diabetes di Desa Kebagusa. Foto. Rifat Arif.

MOMENTUM, Gedongtataan-- Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Tanjungkarang, Bandarlampung, memeriksa puluhan penderita dengan diabetes melitus (DM) dan hipertensi di Kabupaten Pesawaran.

Pemeriksaan pada penderita DM tersebut digelar di Balai Desa Kebagusan, Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran, Rabu (24-7-2024).

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, Madepan Mulia menjelaskan, peserta yang mengikuti pemeriksaan DM dan hipertensi itu sebanyak 40 orang.

Madepan menyebut pemeriksaan meliputi: pengecekan tinggi badan (TB), berat badan (BB), tekanan darah (TD), dan cek gula darah.

“Setelah diperiksa kondisinya, kami berikan pemaparan agar penderita bisa selalu awas terhadap penyakit ini,” ungkapnya.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh tim yang meliputi mahasiswa Keperawatan Poltekkes Kotabumi bertujuan untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang dilakukan skrining, khususnya DM dan hipertensi.

Kemudian, meningkatkan pengetahuan masyarakat, keluarga dan kader Kelompok Dukung Pengendali PTM desa (Poli PTM) Desa Kebagusan.

"Target capaian peserta dalam kegiatan ini adalah 30 orang dan lima kader yang memahami tentang pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular seperti, diabetes mellitus dan hipertensi.

Dia menyarankan kepada masyarakat desa setempat yang telah terdianogsis DM untuk memperhatikan beberapa hal penting dalam menjaga kesehatan. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos