Dekranasda Tulangbawang Buka Gerai di Rest Areal Jalan Tol

img
Penjabat Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan menghadiri pembukaan Gerai Dekranasda di rest area km 208 tol terbanggibesar-kayuagung. Foto. Abdul Rohman.

MOMENTUM, Menggala -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tulangbawang membuka gerai UMKM di Rest Area KM 208 Tol Terbanggibesar-Kayuagung.

Peresmian gerai Dekranasda tersebut dihadiri Penjabat Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan, Kamis 1 Agustus 2024. 

Melihat besarnya potensi UMKM di Kabupaten Tulangbawang, pemerintah daerah mendukung pembukana gerai Dekranasda di res area jalan tol.

Tingginya mobilitas di rest area merupakan sebuah peluang. Selain diharapkan dapat memenuhi kebutuhan makanan, minuman, dan berbagai barang kerajinan, keberadaan gerai Dekranasda ini juga di harapkan dapat menjadi etalase bagi seluruh potensi daerah, khususnya di sektor UMKM, sehingga dapat menarik investor untuk berinvestasi di Tulangbawang. 

Menurut Qudrotul, UMKM merupakan bagian dari perekonomian Indonesia yang mandiri dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Pada tahun 2023, terdapat sebanyak 38.292 pelaku UMKM yang terdata di Kabupaten Tulangbawang. Pemerintah juga telah berupaya maksimal dengan cara memberikan edukasi dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM, pemberian bantuan sarana berupa gerobak dorong, serta bantuan modal usaha. 

Qudrotul Ikhwan mengatakan, terbangunnya gerai ini dibutuhkan sebuah sikap mental kesatuan antara gerak, pikir, rasa, karsa serta keinginan yang kuat. 

"Jika tidak ada keinginan yang kuat dan kemauan kita bersama sama artinya semua instansi semua dinas serta para camat tidak punya keinginan tersebut maka tidak bisa, harapan kami juga gerai ini akan diisi dengan hasil kerajinan UMKM yang tersebar di 15 kecamatan, itu harapan kita," terangnya.

Qudrotul Ikhwan mengatakan, ini akan menjadi potret usaha kecil menengah yang ada di Tulangbawang, jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk dapat mencari makanan khas Udang Manis.

"Dengan ini tidak perlu harus pergi ke Denteteladas hanya untuk memakan ikan asap, tidak harus ke Banjaragung untuk membeli keripik atau bakpia, cita rasa bakpia Kanjeng yang dibuat di Banjaragung ini tentunya tidak kalah dengan bakpia Pathok khas Jogja," ucapnya.

Dikatakannya, kualitas UMKM Tulangbawang tentu bisa bersaing jika disiapkan ruang ruang yang dapat diakses secara mudah oleh masyarakat luas baik masyarakat Tulangbawang maupun dari luar daerah.

"Mari kita semua bersinergi dan bergotong royong untuk memajukan UMKM. Dengan UMKM yang unggul, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat niscaya akan menjadi lebih baik sehingga brand UDANG MANIS (Unggul, Damai, Aman, Nyaman, Guyub, Mandiri, Agamis, Natural, Inovatif, Sejahtera) pun akan semakin mudah terealisasi," paparnya.

Pemerintah Daerah juga berterima kasih kepada Pimpinan PT. Hutama Karya yang telah memberikan ruang bagi masyarakat Tulangbawang di Rest Area KM 208 ini. Diharapkan kerjasama ini dapat membawa kebaikan bagi masyarakat. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos