Mantan Bendahara KONI Lamteng Diduga Gelapkan Dana Hibah Rp800 Juta

img

MOMENTUM, Gunungsugih--Mantan Bendahara KONI Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) berinisial ES, diduga menggelapkan dana hibah KONI sebesar Rp800 juta. 

Ketua Harian KONI Lamteng, Sukistoro melaporkan ES ke Polres Lamteng. Penggelapan dana hibah itu diduga dilakukan ED dengan cara memalsukan tanda tangan Sukistoro untuk mencairkan dana dari rekening bank milik KONI.

"Ya, betul. Saya sudah melaporkan mantan Bendahara KONI Lamteng ES ke Polres Lamteng terkait pemalsuan tanda tangan yang merugikan uang negara Rp800 juta. Saat ini kasus tersebut telah ditangani oleh pihak Kepolisian," kata Sukistoro saat diwawancarai via telepon WhatsApp, Rabu 21 April 2024.

Sukistoro menjelaskan bahwa pemalsuan tanda tangan diketahui oleh seluruh pengurus. Ketika ingin mencairan dana hibah untuk salah satu cabang olahraga. Ketika dicek, tidak ada satu rupiah pun dana di rekening organisasi.

"Kami sudah curiga dengan ES. Karena penasaran kami cek lah ke bank. Setelah dicek kami kaget gak ada satu rupiah pun uang di rekening organisasi," ujarnya.

Masih kata Sukistoro, dengan pemalsuan tanda tangan tersebut, KONI Lamteng sementara ini tidak mengadakan kegiatan. 

"Anggaran sudah gak ada lagi. Ya kami bingung mau ngapain. Tapi, saya sudah menemui ES untuk segera mengembalikan uang yang telah dicairkannya," imbuhnya.

Namun, lanjut Sukistoro, ES selalu mengatakan duit hibah Koni ada. "ES ini sudah saya tanya, dia jawab duit Rp800 juta ada sama dia. Tapi, sampai sekarang belum dikembalikan," ungkapnya.

Sukistoro menambahkan bahwa mantan Bendahara KONI Lamteng ES ini juga telah membuat surat pernyataan di Polres Lamteng untuk mengembalikan uang Rp800 juta di bulan Juni 2024. Namun, hingga kini uang tersebut tak kunjung dikembalikan.

Dia berharap, berharap pihak kepolisian segera memproses secara hukum kasus tersebut. Karena, yang bersangkutan tidak mengembalikan uang hibah itu sesuai dengan waktu yang ditentukan, katanya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos