Kemenpar Dukung Festival Kemilau Ngambur

img
Pembukaan Festival Kemilau Ngambur di Pesisir Barat dihadiri Bupati Agus Istiqlal, Staf Ahli Kemenpora Jonni Mardiza, dan pejabat Kemenpar Eksan. Foto. Agung Sutrisno.

Harianmomentum.com--Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal, membuka Festival Kemilau Ngambur di Pekon Negeriratu, Kecamatan Ngambur, pada Selasa, 2 Oktober 2018.

Menurut Agus Istiqlal, Pesisir Barat merupakan kabupaten yang memiliki sejuta pesona pariwisata. "Pertumbuhan industri pariwisatanya sampai empat digit. Ini merupakan aset luar biasa dan bahkan tidak akan habis hingga akhir zaman, jika dapat dikelola dengan sangat baik," kata dia

Pemerintah Pesisir Barat bertekad mempromosikan sejuta pesona itu, meski sebagai daerah otonomi baru dan kemampuan anggarannya terbatas.

"APBD Pesisir Barat tergolong kecil. Tetapi kami selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk promosi pariwisata. Karena promosi merupakan hal wajib meskipun APBD minim," kata Agus. 

Kondisi terbatas tidak harus berkecil hati. Hal itu dibuktikan, Pemkab Pesisir Barat sukses menggelar kegiatan yang diikuti peserta dari sejumlah negara, seperti Kejuaraan Surfing Internasional Krui Pro.

Bupati berharap, Kemilau Ngambur dapat menarik minat pengunjung, selain kegiatan ini juga untuk kelestarian adat dan budaya di Kecamatan Ngambur.


"Terima kasih sudah datang perwakilan Menteri Pariwisata dan perwakilan Menteri Pemuda dan Olahraga. Saya berharap, kedatangan beliau dapat memberikan energi baru, energi positif dan mudah-mudah daoat membantu baik oemikiran ataupun anggran yang dapat dikucurkan ke Kabupaten Pesisir Barat," harap bupati.

Sementara, Staf Ahli Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jonni Mardiza mengatakan, Kabupaten Pesibar merupakan kabupaten termuda di Provinsi Lampung.

Namun, di bawah kepemimpinan Bupati Agus Istiqlal dan Wakil Bupati Erlina selama dua tahun ini, dia menilai, adanya perubahan positif. Baik di bidang Pariwisata, olah raga dan pembangunan.


"Apa program bupati dan wakil bupati harus didukung, baik di sektor pariwisata, olah raga dan pembangunan. Kemajuan yang ada di Pesibar sudah dapat dirasakan. Melalui tangan dingin bupati saya sangat yakin Kabupaten Pesisir Barat dapat maju pesat," katanya.

Selain itu, Eksan, Kasubbid Area Dua Kementerian Pariwisata juga mengapresiasi Pemerintah Pesisir Barat. "Festival Kemilau Ngambur diharapkan menjadi even tahunan. Kami akan mendukung sepenuhnya program Dinas Pariwisata Pesibar," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pesibar Audi Marpi berharap, Kemilau Ngambur yang dilaksanakan pada 2-4 Oktober 2018, sukses. Banyak lomba yang digelar, terutama di bidang kesenian adat khusnya adat di Kecamatan Ngambur. (asn).



Leave a Comment