Jemaah Haji Gelar Upacara Hari Kemerdekaan di Arab Saudi

img
Jemaah Haji asal Kabupaten Pringsewu melaksanakan peringatan HUT ke-74 RI di Mekkah, Arab Saudi./ist

MOMENTUM, Pringsewu--Ratusan jemaah haji asal Kabupaten Pringsewu menggelar upacara peringatan hari kemerdekaan di Hotel Al Zaer Mashaer, Rawdhah, Mekkah, Sabtu (17-8-2019).

Berdasarkan rilis yang diterima harianmomentum.com, upacara dipimpin Kepala Kemenag Kabupaten Pringsewu, H Marwansyah. 

Komandan upacara H Oman dari Kepolisian, Pembaca Teks Proklamasi H Sunargianto Kabag Kesmasyag, dan pembaca doa H Akhyarulloh, Kasi Pendais.

Kabag Kesmasyag Kemenag, Sunargianto mengatakan, pada uapacara itu semua jemaah mengenakan batik khas Pringsewu. Tidak sama dengan peringatan lainnya, peserta upacara hanya menyanyikan lagu Indonesia Raya serta membunyikan sirine sebagai tanda detik-detik Proklamasi.

Bersamaan dengan itu, inspektur upacara, Marwansyah dengan lantang meneriakan pekikan Merdeka.!, Merdeka.!, Merdeka.! dan takbir Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. "Ratusan jemaah langsung mengikuti pekikan itu," kata Sunargianto.

Menurut dia, walau banyak jemaah yang berusia lanjut atau di atas 70 tahun, namun semangat nasionalisme cinta tanah air tak pudar. Para jemaah dengan kompak dan semangat mengikuti seluruh rangkaian upacara.

Dalam arahannya, Marwansyah mengajak jemaah untuk meneladani dan mendoakan para pejuang dan syuhada yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. "Mari bersama kita doakan para pejuang kemerdekaan Indonesia," ajaknya.

Dia juga mengajak seluruh jemaah asal Pringsewu untuk mendoakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) senantiasa aman dan sejahtera. "Terpenting lagi mari kita mendoakan supaya Pringsewu menjadi kabupaten yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur," papar Marwansyah.

Semoga segala yang direncanakan dan diprogramkan Pemkab Pringsewu dapat terealisasi dan mampu mewujudkan motto Bersahaja (Berdaya Saing, Harmonis dan Sejahtera). Serta, dalam bingkai Pringsewu Bersenyum Manis (Bersih, Sehat, Ekonomis, Nyaman, Unggul, Maju, Mandiri, Aman dan Agamis).

Kepala Kemenag Pringsewu itu juga meminta kepada seluruh jemaah untuk mendoakan kelancaran sebagai tuan rumah MTQ ke-48 tingkat Provinsi Lampung tahun 2020.

"Semoga dapat berjalan lancar, sukses dan mampu meraih prestasi terbaik dengan ridho Allah SWT," ujarnya.(lis)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos