Perpustakaan Metro Gelar Lomba Pidato Bahasa Lampung

img
Syachri Ramadan. Foto. Pie.

MOMENTUM, METRO--Menyambut Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Kota Metro menggelar lomba pidato bahasa Lampung pada 24 hingga 26 September mendatang. 

Kepala Dispusarda Metro, Syachri Ramadan mengatakan, lomba pidato bahasa Lampung terbuka untuk siswa SMP sederajat se-Kota Metro, dengan tema Jukpai Bukumeu (Berikanlah bukumu).

Ia menjelaskan, ada beberapa kegiatan memeringati HKP tahun ini, yang sedikit berbeda dengan tahun lalu. Seperti gerakan donasi buku, juga akan digelar talkshow yang mengangkat beberapa tema. Mulai dari tema literasi, ekonomi kreatif dan lainnya.

"Nah, untuk talkshow, kami menghadirkan tokoh literasi dan penulis nasional Boy Chandra. Dengan harapan dapat memberikan motivasi dan menginspirasi masyarakat, terutama anak-anak muda Metro yang berkaitan dengan literasi," jelasnya.

Di kesempatan itu pula, lanjutnya, Dispusarda Metro juga akan menggelar 100 meter lorong lapak baca. Dimana di dalamnya berisi materi bahan bacaan dan inklusi sosial yang lebih menampilkan produk hasil literasi. Serta bazaar dan bedah buku, pameran foto arsip bernilai sejarah, foto booth serta pameran sketsa. 

Dia menambahkan, kegiatan peringatan HKP 2019 di Kota Metro melibatkan banyak pihak. Mulai dari perguruan tinggi, komunitas literasi, komunitas seni, budaya, dan berbagai organisasi lainnya yang ada di wilayah setempat. 

"Memang kegiatan ini selain sebagai sarana mempromosikan eksistensi perpustakaan, juga untuk mendorong minat baca masyarakat," imbuhnya.

Dia berharap perpustakaan bisa menjadi katalisator perubahan budaya dengan berbagai pendekatan dalam pelayanan yang telah ada.

"Kami berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Proaktif membantu dalam mengembangkan keterampilan dan jejaring sosial," tambahnya.

Saat ini, Perpusda Metro telah menyediakan layanan online menyiapkan 2.100 eksemplar buku berbagai judul dalam e-Book. (pie).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos