Momentum TV: Ratusan Rumah Terendam Banjir di Pesibar

Banjir di Kabupaten Pesisir Barat.

MOMENTUM, Ngambur--Ratusan rumah terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar). Selain merendam area permukiman warga, hujan dengan intensitas tinggi itupun menyebabkan jalan longsor, Jumat (10-1-2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat Syaifullah mengatakan,  hingga saat ini tercatat lebih dari 100 rumah di tiga kecamatan terendam banjir. Rincianya: di Kecamatan Pesisir Tengah sekitar 30 rumah, Ngambur 74 rumah, dan di Kecamatan Ngaras 30 rumah. 

Tonton versi youtube: https://youtu.be/qpsD9Khldu0

Banjir paling parah terjadi di Pekon Negeriratu Ngambur, Kecamatan Ngambur. Sekitar 74 rumah di Pemangku (dusun) Sukanegeri dan Pemangku Banjarnegeri akibat meluapnya Sungai Wayhanakau. Ketinggian air yang merendam perumahan warga  mencapai kisaran 1 meter yang terjadi sejak pukul 03.40 WIB dini hari.

Banjir melumpuhkan jalan penghubung antara Pemangku Banjarcahaya Negeri dan Sukanegeri. Diperkirakan hujan dengan intensitas tinggi masih akan terus mengguyur wilayah Kabupaten Pesibar.

BPBD mengimbau seluruh elemen masyarakat yang rumahnya dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan wilayah tebing, untuk tidak ragu mengungsi jika hujan deras mengguyur dengan waktu yang lama.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk cepat melapor jika ada wilayah yang terkena musibah, agar penanganan bisa cepat dilakukan. Dari Pesisir Barat Agung sutrisno melaporkan. (asn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos