Sekarang Masyarakat Wayharu Bisa Nikmati Kelancaran Akses Komunikasi dan Informasi

img
Bupati Pesibar Agus Istiqlal meresmikan beroperasinya menera telokomunikasi BTS 4G di kawasan Wayharu

MOMENTUM, Wayharu--Membuka akses wilayah terisolir menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) di bawah pimpinan Bupati Agus Istiqlal.

upaya pembukaan akses wilayah terisolir itu bukan hanya dilakukan dalam bentuk pembangunan badan jalan, tapi juga dalam bentuk penyediaan sarana pendukung komunikasi dan informasi.

Terkait hal tersebut, Bupati Pesibar Agus Istiqlal kembali menyambangi masyarakat di kawasan wayaharu yang merupakan wilayah paling terisolir di kabupatens setempat, Selasa (14-1-2020). 

Kunjugan bupati ke kawasan Wayharu itu untuk meresmikan beroperasinya tiga menara telekomunikasi base transceiver station (BTS) 4G.

Pembangunan menara BTS yang berfungsi sebagai sarana pendukung akses komunikasi dan iformasi mayarakat itu merupakan program kerja sama Pemkab Pesibar dengan Badan Aksebilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI Kominfo) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).  

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Konumikasi dan Informasi (Diskominfo) Pesibar Tedi Zatmiko, pembangunan menara BTS itu program Merdeka Sinyal yang digagas Kemekominfo.

"Pembangunan menara BTS ini merupakan bentuk pelaksanaan program Merdeka sinyal yang dilaksanakan Kemenkominfo bekerja sama dengan Pemkab Pesisir Barat. Tujuanya adalam memperlancar akses komunikasi dan informasi masyarakat di wilayah terisolir," kata Tedi.

Bupati Agus Istiqlal dalam sambutannya mengatakan, pembangunan menara BTS itu adalah salah satu bentuk komitmen pemkab setempat membuka akses daerah terisolir.

"Ini bentuk komitmen kita membuka akses daerah terisolir dengan memberikan sarana pelayanan komunikasi dan informasi yang memadai," kata bupati.

Dengan adanaya menera tersebut, masyarakat Wayharu dapat lebih memudah menerima dan menyampaikan berbagai informasi tentang pembangunan.

"Saya bahagia, masyarakat dan keluarga saya di kawasan Wayharu ini sudah bisa berkomunikasi, bahkan hingga keluar negeri. Kedepan secara bertahap, kita upayan membangun akses transportasi lainya," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan bantuan pesawat hand phone berikut sim card kepada sejumlah masayarakat.

Saibatin Marga Belimbing (tokoh adat) masyarakat Wayharu A. Zulqoini Syarif menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pesibar dan Kemenkominfo yang telah membantuan menera BTS di wilayah tersebut.

"Atas nama masyarakat Wayharu, saya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pesisir Barat dan Kementerian Komunikassi dan Infromasi yang telah membangun menera BTS ini. Sekarang, akses komunikasi masyarakat Wayharu dengan dunia luar semakin mudah. Semoga kedepan, akses transportasi juga bisa semakin lancar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut: Perwakilan BAKTI Kominfo, Direkur Lastmile Guntoro Prayudi, Goverment Relation, PT  XL Axiata Adinda Putri Pramani dan Ketua DPRD Pesibar Nazrul Arif. (asn)




Leave a Comment