KOTAKU Metro Kembangkan BDC

img
Worksho BDC yang diselanggarakan gerakan KOTAKU Kota Metro.

Harianmomentum--Pemerintah Kota Metro mengembangkan Business Develoment Center melalui  gerakan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Program tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia pada kelompok swadaya masyarakat atau pelaku usaha mikro kecil dan menengah (MKM).      

 

Kordinator gerakan KOTAKU setempat Heri Supriyadi mengatakan BDC berfungsi memberikan layanan peningkatan sumber daya manusia  kepada para KSM dan pelaku UMKM. 

 

“Melalui BDC, pelaku UMKM akan mendapat bimbingan manajemen usaha, akses keuangan atau permodalahan hingga bimbinga membuka akses pasar,” kata Heri di sela kegiatan workshop BDC, Selasa (25/7).

 

Menurut dia, program  tersebut sebenarnya sudah dirancang  oleh Pemkot Metro sejak dua tahun lalu. Namun, peran komite dan pengelola BDC belum optimal. Karena itu, perlu dilakukan peningkatan efektifitas pengelolaan  BDC.

 

"Hasil studi di Kota Metro yang dilakukan Konsultan Management Evaluasi (KME), masih diperlukanupaya khusus untuk peningkatan pengelolaan BDC. Terutama dalam bidang kelembagaan dan pengelolaan jaringan usaha," ungkapnya.

 

Karena itu, lanjut dia, akan dilakukan evaluasi berkelanjutan yang melibatkan pihak internal dan eksternal.

 

"Melalui evaluasi berkelanjutan itu, mudah-mudahan akan didapat rumusan yang tepat untuk pelaksanaan BDC Kota Metro," terangnya.

 

Di tempat sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Metro Bangkit Haryo Utomo mengatakan pemkot  mendukung penuh program BDC yang dikembangkan oleh KOTAKU.

 

"BDC inikan membantu kita untuk mengembangkan usaha mikro yang menjadi salah satu kekuatan ekonomi rakyat. Jadi tentu akan kita dukung terus untuk pengembangannya,“ kata  Bangkit. (sya/pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos