Pemprov Lampung Wacanakan Pembangunan BLK Pariwisata di Pesibar

img
Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat sambutan dalam acara peluncuran layanan informasi pariwisata. Foto: rbn

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Kementrian Tenaga Kerja akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) Pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) saat sambutan dalam acara peluncuran layanan informasi pariwisata dan kalender pariwisata Lampung 2020 serta Lampung great sale di Taman Gajah, Enggal, Kota Bandarlampung, Minggu sore (9-2-2020).

Nunik berharap, BLK tersebut mampu meningkatkan ketersediaan sumber daya manuasia (SDM) yang pandai di bidang pariwisata.

"Saya sempat datang ke Kementerian Tenaga Kerja untuk konsultasi masalah mengembangkan SDM pariwisata. Dari hasil pertemuan tersebut, akhirnya kami sepakat untuk mengupayakan pembangunan BLK khusus bidang pariwisata," tutur Nunik.

Pembangunan BLK khusus bidang pariwisata sengaja diwacanakan di Krui, Kabupaten Pesibar. 

"Alasannya karena banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Krui. Harapannya SDM pariwisata di sana bisa benar-benar mumpuni," jelasnya.

Terkait realisasi pembangunan BLK Pariwisata di Pesibar, Nunik belum bisa memastikannya. "Sebab Kementerian Tenaga Kerja akan meninjau terlebih dahulu terkait kesiapan lahan dan sebagainya," ujarnya.

Jika kelak BLK tersebut terbangun, Nunik optimistis pariwisata Lampung akan meningkat pesat. Apalagi saat ini infrastruktur penunjang pariwisata di Lampung telah terbangun.

"Ketika kita berbicara pariwisata, maka SDM yang mengelolanya harus benar-benar mengerti tentang pariwisata," kata Nunik.(vaw/acw)



Leave a Comment