Kapolda Lampung Gowes Bareng di Granit Indah PTPN VII Bergen

img
Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto. Foto. Ist.

MOMENTUM, Tanjungbintang--Objek Wisata Granit Indah yang berada di tengah kebun PTPN VII Unit Bergen menjadi tempat istirahat Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto bersama Tim Sepeda Polda Lampung, Sabtu (7-3-2020). 

Mengarungi track sejauh sepuluh kilo meter, klub sepeda yang terdiri dari para pejabat utama Polda Lampung, didampingi Manajer PTPN VII Unit Bergen Ahmad Nurwibowo.

Sejak pagi, mereka bersiap di lokasi start di Afdeling I. Menyusuri rerimbunan kebun karet, mereka singgah di lokasi wisata alam Granit Indah yang menyuguhkan “menara” alam berupa batu raksasa bertumpuk-tumpuk menyembul tinggi melampaui pucuk-pucuk pohon karet yang menghampar luas. Tempat ini sengaja dijadikan check point (tempat istirahat) untuk menikmati pemandangan natural buatan alam ini.

Ikut dalam rombongan itu, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Kabid Dokes Polda Lampung Kombes Pol. dr. Andri Bandarsyah, Dirlantas Kombes Pol. Chiko, Dirkrimsus, Kabid Kum Kombes Pol. Heri Setiawan, Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Lampung Kombes Pol. Sis Mulyono, Kapolres Lampung Selatan AKBP. Edi Purnomo, dan perwira lain.

Di atas punggung bebatuan yang tinggi dan cukup luas itu, Kapolda berbincang santai tentang berbagai hal. Suasana ringan ini juga dimanfaatkan untuk saling bertukar informasi dan menguatkan silaturahmi untuk kemaslahatan bersama.

“Ya, kami hanya memanfaatkan suasana asri, sejuk, dan tenang di tengah kebun karet yang indah ini untuk olah raga rekreasi dan membangun kebersamaan. Sambil ngobrol, pasti ada saja hal penting yang dibicarakan. Intinya, kita bekerja dan mengabdi untuk bangsa ini harus tulus dari hati. Salah satu caranya, dengan lebih dekat begini,” kata Kapolda tegap ini.

Merasa cukup di tempat rileks, rombongan melanjutkan goes sepedanya menuju pos finish di Afdeling 4. Di titik terakhir yang berada di Desa Purwodadi Dalam, Palputih Dalam, Kecamatan Tanjungbintang itu, Kapolda menyapa warga. Singgah di Masjid Al Hakim desa tersebut, Kapolda memberikan bantuan berupa kipas angin dan ambal sajadah salat. Bantuan diterima Kepala Desa Sugiono didampingi pengurus masjid Yusnanda.

Kapolda Lampung Purwadi Arianto bersama klub sepedanya sudah dua kali mengunjugi objek wisata alamiah ini. Ia mengaku tertarik saat membuka beberapa chanel you tube yang menggambarkan tempat eksotis di dalam kebun karet ini.

Ia mengaku hobi bersepeda melintasi alam untuk melepas kepenatan di tengah kesibukan tugasnya sehari-hari. Selain itu, kata dia, kehadiran polisi di tengah masyarakat dan bersilaturahmi akan menjadi kesan tersendiri.

“Polisi itu tugasnya bukan hanya menangkap kemudian memberi efek jera. Lebih dari itu, polisi harus hadir di masyarakat untuk mengajak berbuat kebaikan. Tujuannya, agar niat buruk apapun tidak terlintas di semua anggota masyarakat. Dan ini adalah salah satu upaya itu,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Purwadi Arianto juga sempat menyampaikan selamat ulang tahun ke 24 kepada PTPN VII. Ia menyatakan, PTPN VII adalah aset negara yang dalam hal ini, polisi memiliki tanggung jawab struktural untuk ikut menjaga.

“Saya mengajak masyarakat untuk ikut menjaga dan mendukung PTPN VII menjalankan usahanya. Sebab, ini adalah perusahaan negara. Misinya bukan hanya cari untung, tetapi juga menciptakan pekerjaan kepada warga sekitar. Kalau ekonomi masyarakat baik, kemanan pasti akan baik juga,” kata dia.

Tentang keberadaan tempat wisata Granit Indah, Purwadi meminta PTPN VII menjaga kelestariannya. “Saya berharap asset ini dapat terus dijaga keindahannya terutama dari coretan-coretan tangan jahil,” harapnya.

Sementara itu, Manajer PTPN VII Unit Bergen Ahmad Nurwibowo mengaku senang mendapat kunjungan rombongan dari Polda Lampung. Ia tampak welcome dan berdiskusi akrab dengan Kapolda Lampung Irjen Pol. Purwadi Arianto.

“Mewakili manajemen PTPN VII, saya mengapresiasi Polda Lampung beserta jajaran Polres Lampung Selatan yang selama ini telah memberikan perhatian terhadap pengamanan aset PTPN VII. Salah satunya tercapainya kesepakatan dengan masyarakat terkait eksekusi lahan areal Kulonrowo seluas 435 hektare,” kata Nurwibowo didampingi Asisten SDM dan Umum Ferdi.     

Senada, Kepala Desa Purwodadi Dalam Sugiono menyatakan terima kasih atas kunjungan Kapolda ke desanya. Terlebih, kata dia, Kapolda memberi bantuan kepada masjid.

“Kami tidak menduga Bapak Kapolda datang kedesa Purwodadi, dan memberikan bantuan di Masjid Al- Halim. Kami sangat berterima kasih. Datang saja sudah membanggakan kami. Semoga beliau sering datang sehingga desa kami nyaman, tenteram, dan aman,” kata dia.

Bantuan berupa kipas angin akan dibagikan di mushola-mushola yang ada di desa Purwodadi Dalam. (rls).

Editor: M Furqon.



Leave a Comment