Djohan Minta DPUPR Segera Perbaiki Tanggul Jebol

img
Wakil Walikota Metro Djohan meninjau tanggul irigasi tresier yang jebol dan memicu banjir di pemukiman warga

MOMENTUM, Metro--Wakil Walikota Metro Djohan mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) segera memperbaiki tanggul irigasi tersier yang jebol dan mengakibatkan banjir di RT 14 RW 03 Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat.

"Tadi malam saya mendapat laporan kalau tanggulnya jebol. Katanya warga sudah menghubungi dinas terkait, tapi tidak ditanggapi. Makanya saya tinjau," kata Djohan pada Harianmomentum.com, Jumat (24-7-2020).

Dia meminta DPUTR untuk segera memperbaiki tanggul yang jebol itu, agar tidak mengakibatkan banjir di lingkungan warga. 

"Terutama yang jebol itu diperbaiki dulu. Ini tidak ada air karena pintu airnya ditutup. Kalau yang perbaikan tersiernya, nanti dimasukkan ke ABT (anggaran belanja tambahan). Yang penting bagian yang jebol itu dulu," tegasnya.

Menurut dia, sebenarnya perbaikan tanggul tersebut sudah direncanakan, namun tertunda karena anggaran di DPUTR dialihkan untuk penanganan covid-19. 

"Sudah masuk perencanaan dan bahkan sudah ada gambarnya. Tetapi karena ada covid-19, makanya tertunda," terangnya.

Kabid Pengairan DPUTR Kota Metro Ferry Handono mengatakan, segera memperbaki tanggul irigasi tersier tersebut. Terutama pada lokasi kerusakan (jebol).

"Nanti kita analisa. Kalau yang jebol nanti segera lah kita perbaiki. Kemudian juga pada titik-titik yang rawan jebol," kata Ferry.

Saparudin setempat mengatakan, tanggul irigasi tresier tersebut sudah empat kali jebol.

"Ini jebol yang keempat kali. Untuk sementara kami hanya menutup jebolan itu dengan karung berisi pasir, agar airnya tidak meluap ke pemukiman," terangnya. (**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos