Poster Dirusak, Tim Sukses Sudibyo akan Lapor Bawaslu

img
Poster bakal calon wakil bupati Lampung Timur Sudibyo. Foto. Arif.

MOMENTUM, Sukadana--Tim sukses bakal calon wakil bupati Lampung Timur (Lamtim) Sudibyo akan melaporkan perusakan poster Sudibyo ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Rabu (5-8-2020).

Arman, Tim sukses Sudibyo mengatakan puluhan poster pasangan petahana Zaiful Bokhari itu di sejumlah tempat dirusak orang tak dikenal. 

"Banner atau atributnya Mas Sudibyo di sejumlah tempat dirusak. Seperti ada kepanikan dari oknum tertentu. Kemungkinan karena saat ini dukungan masyarakat kepada pasangan Zaiful-Sudibyo semakin menguat sehingga ada yang panik," ucap Arman yang juga kader Parga Golkar Lamtim itu.

Menanggapi persoalan di atas, Sudibyo yang juga kader Partai Golkar, itu mengatakan pemilihan kepala daerah (pilkada) adalah proses demokrasi untuk memilih pemimpin terbaik sesuai dengan pilihan masyarakat, sehingga tidak elok jika diciderai dengan cara-cara yang tidak santun seperti perusakan APK dan teror.

"Semua warga punya hak yang sama untuk mensosialisasikan dirinya agar dikenal, biarkan rakyat yang menilai siapa yang layak untuk dipilih," kata Dibyo, sapaan akrabnya.

Menurutnya, hal itu menjadi pelajaran bagi semua pihak yang berkompetisi dalam pilkada. "Cukuplah ini terjadi sekali, jangan sampai terulang. Mari, mengendepankan kompetisi dengan cara-cara yang sehat dan fair, dan berikan rasa aman dan nyaman," ajaknya.

Dia mengharapkan Bawaslu memberikan rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan pilkada dengan penegakan aturan dan memberikan sanksi terhadap setiap pelanggaran. 

"Siapa pun yang melanggar aturan, menebar teror dan ancaman dalam proses pilkada, harus ditindak sesuai peraturan. Jika mengarah ke  tindak pidana, kami berharap pihak kepolisian secara dini dapat mendeteksi," harap Sudibyo.

Sementara Ketua Bawaslu Lamtim, Uslih, meminta semua pihak yang merasa dirugikan akibat dugaan perusakan alat peraga dapat melaporkan ke Bawaslu Lamtim.

"Kami mempersilakan kepada pihak-pihak yang merasa dirugikan atas hal terkait pPilkada untuk melapor ke Bawaslu Lampung Timur," ujar uslih.

Dia menghimbau semua pihak, baik bakal calon, tim sukses, simpatisan dan masyarakat pada umumnya untuk menjaga kondusifitas iklim politik di Lampung Timur.

"Berikanlah edukasi politik yang baik kepada masyarakat agar sejalan dengan apa yang menjadi slogan atau visi misi bakal calon," kata Uslih. (*).

Laporan: Arif Fahrudin.

Editor: M Furqon.




Leave a Comment