Tanggamus Memperoleh Penghargaan Proklim 2020

img
Bupati Tanggamus Dewi Handajani usai menerima penghargaan Proklim 2020. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus mendapat penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, kepada Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, pada Jumat (23-10-2020) di Bandarlampung.

Penghargaan itu diberikan karena kebijakan yang dikeluarkan Pemkab Tanggamus dinilai berkonstribusi nyata dalam pengendalian perubahaan iklim. Dengan melakukan pembinaan, dan pendampingan untuk pelaksanaan proklim di wilayahnya. 

Bupati Tanggamus, Dewi Handajani menjelaskan, sejauh ini upaya tersebut yang dilakukan secara konsisten dalam menjaga kebersihan lingkungan tak sia-sia.

“Kita juga patut bersyukur karena Pemerintah Kabupaten Tanggamus terutama Pekon Ulubelu mewakili Lampung dalam penghargaan tersebut. Sebagai pelaksana Proklim dengan Kategori Proklim Utama,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, selama ini upaya terkait isu lingkungan dan iklim sudah banyak dilakukan, salah satunya dalam bentuk pembinaan secara kontinyu pada kelompok-kelompok masyarakat, terutama di tingkat desa.

“Kami berusaha tetap menindaklanjuti dan menyikapi masalah isu perubahan iklim yang bisa menyebabkan adanya cuaca ekstrem. 

Salah satu program yang dilakukan Pemda Tanggamus adalah Gerakan Tanam pohon Akasia sebanyak 30 ribu pohon, saat peringatan Ulang Tahun ke-22 Kabupaten Tanggamus pada Maret lalu, serta budaya menanam pohon di setiap kegiatan. 

"Selain itu juga kami ada desa atau pekon binaan yang memang secara intens dilakukan pembinaan-pembinaan dalam upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan,” katanya. (*).

Laporan: Galih/Ijal.

Editor: M Furqon.



Leave a Comment