Bincang Santai PWI Lamsel Hadirkan Dandim dan Kapolres

img
Bincang Santai keenam yang digelar PWI Lamsel. Foto. Ist.

MOMENTUM, Kalianda--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) kembali melanjutkan agenda Bincang Santai, Jumat (21-10-2020). 

Bincang santai keenam digelar di kantor PWI Lamsel, Kalianda. Menghadirkan dua nara sumber. Komandan Kodim (Dandim) 0421 Lamsel Letkol.Inf. Enrico Setiyo Nugroho dan Kapolres Lamsel AKBP. Zaky Alkazar Nasution.

Dipandu Ketua PWI Lamsel Alpandi, bincang santai membahas Persiapan personil Kodim 0421 dan Polres Lamsel mengahadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 9 Desember mendatang.

Dalam paparannya, Enrico menuturkan, tugas dan tanggung jasab Kodim  0421 bukan saja di Kabupaten Lamsel namun juga Kabupaten Pesawaran. Bukan hanya persiapan pilkada namun penanganan covid-19 pun membawahi dua kabupaten.

Dalam persiapan pilkada akan diterjunkan 387 personal. Ada penambahan pasukan di kodim sebayak  63 personil di luar babinsa diantaranya; 45 tamtam 18 bintara.

"Dari 63 personil tambahan tersebut 33 orang standby di markas kodim 0421 Lamsel dan 30 oang standby di Kabupaten Pesawaran, intinya jika diminta oleh polres dan pemda Lampung Selatan dan Pesawaran kami siap membantu," ujar Enrico.

Zaky Alkazar mengatakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Polres Lamsel dalam pengamanan pilkada akan menerjunkan 880 personil di tempat pemungutan suara (TPS) di pilkada, namun jika sewaktu- waktu diperlukan akan menggerakkan 90 personil tambahan.

"Wilayah Lampung Selatan cukup luas, untuk itu kami standby kan personil di tiga titik yang terdiri dari 30 personil sabhara dan 30 personil Brimob," ujar Zaky.

Untuk menambahkan rasa aman dan menjaga ketertiban ditengah masyarakat, program "cooling system" terutama malam minggu anggota polres lamsel berpatroli di titik-titik keramaian, agar masyarakat tidak berkerumun dalam mengantisipasi pencegahan covid-19. Kemudian menggerakkan forum komunikasi kamtibmas dengan mengundang para tokoh agama, tokoh adat dan kelompok masyarajat agar tidak terjadi konflik sosial atau konflik diperusahaan.

"Jika ada permasalahan ditengah masyarakat, bukan hanya tugas kapolsek, atau intel, namun saya pun wajib turun agar konflik tidak semakin meluas" tegasnya.

Di momen pilkada serentak pada pesta demokrasi Kapolres berharap insan pers dapat berpartisipasi dalam rangka cooling system, tetap independen dan berkarya untuk membawa kebaikan di tengah masyarakat," harap Zaky

Laporan: Alpandi.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos