Gubernur dan Bupati Tebar Ribuan Ekor Bibit Ikan ke Sungai Tulangbawang

img
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Bupati Tulangbawang Winarti. Foto. Rohman.

MOMENTUM, Menggala--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Bupati Tulangbawang Winarti menebar seratus ribu  bibit ikan di aliran Way (sungai) Tulangbawang. Kegiatan dipusatkan di kawasan Tanggaraja, Kecamatan Menggala, Rabu, (25-11-2020).

Bibit ikan yang ditebar terdiri dari 30 ribu bibit lele, 30 ribu nila, 20 ribu patin, 10 ribu baweng dan 10 ribu jelabat. 

Normalisasi dan restocking ikan itu merupakan hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Lampung dengan PT Sienar Tri Tunggal Perkasa dan Persaudaraan Orang Menggala (Omega) yang ada di Jakarta.

Menurut Arinal, restocking ikan khas Way Tulangbawang yang kini mulai langka itu bertujuan melestarikan ekosistem air tawar. Selain itu, diharapkan akan meningkatkan kemakmuran masyarakat. 

"Fungsi sungai tetap berjalan, tapi ekonomi kerakyatan kembali berjaya. Masyarakat dan Pemerintah Tulangbawang harus sama-sama menjaga. Jangan sampai ada yang melakukan penyetruman, meracun ikan. Agar ekosistem ikan bisa terjaga," katanya.

Ia mengulas masa kejayaan Sungai Tulangbawang. Kala itu ikan jelabat hasil tangkapan nelayan dapat mencapai di atas 10 kilogram per ekor. Namun saat ini sulit. Berat ikan yang berhasil ditangkap nelayan hanya sekitar satu sampai tiga kilogram per ekor.

"Saya ingat, dulu ikan jelabat (dari Tulangbawang) bisa sampai 12 hingga 13 kg per ekor. Tapi sekarang ini paling 3 kg. Dulu di sungai ini banyak iakan, tapi sekarang sudah susah. Bahkan beli bibitnya harus sampai ke Jambi," kata dia.

Dia berharap, PT Sienar Tri Tunggal Perkasa dan Persaudaraan Orang Tulangbawang berperan aktif dan secara intens membantu memulihkan ekosistem Sungai Tulangbawang.

"Kalau bisa jangan kali ini saja, kalau bisa satu bulan sekali atau satu tahun sekali," ujar dia.

Komisaris PT Sienar Tri Tunggal Perkasa Steven, Eko Purwanto mengatakan tujuan mereka melakukan normalisasi dan restocking ingin membangun Kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur. 

Bupati Tulangbawang Winarti mengapresiasi kehadiran PT Sienar Tri Tunggal Perkasa dan Omega yang telah turut serta berpartisipasi memulihkan kondisi Way Tulangbawang. 

“Kita akan tindak lanjuti terkait siapapun yang merugikan nelayan melalui dinas terkait, mari kita jaga kelestarian Way Tulangbawang,” ujarnya. (*).

Laporan: Abdul Rohman

Editor: M Furqon.







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos