Sasar Destinasi Wisata, Aparat Gabungan Gelar Operasi Yustisi di Pringsewu

img
Petugas gabungan di Pringsewu kembali menggelar operasi yustisi kedisiplinan penerapan Prokes di sejumlah lokasi wisata./ist

MOMENTUM, Pringsewu--Aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi guna mengantisipasi penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Pringsewu.

Aparat gabungan yang terdiri anggota Polres, TNI, serta Sat Pol-PP itu melaksanakan pendisiplinan dan penegakan protokol kesehatan pada sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pringsewu, Minggu (29-11-2020).

Sasaran operasi yustisi pada Minggu (29/11/2020) itu yakni kepada para pengunjung dan masyarakat yang tidak memakai masker pada Taman Tirto Asri dan Taman Jomblo di Kecamatan Banyumas karena dinilai ramai pengunjung. Petugas mengintensifkan dengan penindakan tegas namun tetap mengedepankan humanis.

Kabag Ops AKP Martono mengatakan, operasi yustisi bertujuan untuk mengecek kepatuhan warga masyarakat terhadap protokol kesehatan khususnya di tempat wisata.

“Sasaran kami warga yang melanggar protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker,” terang Kabag Ops Polres Pringsewu itu.

AKP Martono berharap, melalui operasi semoga masyarakat akan semakin sadar dan patuh terhadap penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. “Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, maka salah satu upaya kita bersama memutus rantai penyebaran Covid-19," harapnya.

Kabag Ops menuturkan, dalam operasi kali ini, petugas gabungan menjaring belasan warga yang melanggar protokol kesehatan. Mereka yang melanggar diberikan penindakan langsung berupa teguran lisan, tertulis, sanksi sosial dan fisik.

“Sebanyak 15 warga yang terjaring tidak memakai masker kami berikan teguran lisan juga diberikan sanksi Polisional berupa push up, menyanyikan lagu nasional dan mengucapkan teks pancasila," ucapnya.

Kabag Ops menambahkan,  pihaknya juga memberikan masker gratis kepada warga, juga memberikan himbauan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak setiap melakukan aktivitas di luar rumah.(**)

Laporan: Sulistyo

Editor: Agus Setyawan



Leave a Comment