Komunitas Bonsai Krui Gelar Pameran Selama Tiga Hari

img
Pameran bonsai di Pesisir Barat.

MOMENTUM, Krui--Komunitas atau paguyuban bonsai di Indonesia cukup beragam. Salah satunya ada di Kabupaten Pesisir Barat, yakni Komunitas Bonsai Krui.

Komunitas yang kini memiliki anggota sekitar 65 orang itu, akan menggelar pertemuan yang disebut dengan kopi darat alias kopdar.

Menurut Ketua Komunitas Bonsai Krui, Mursid, pertemuan akan digelar di samping Kantor Bupati Pesisir Barat pada Kamis hingga Sabtu, 14-16 Januari 2021. 

"Kopdar bertujuan mempererat silaturahmi antarpenggemar bonsai, sekaligus untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang bonsai," katanya.

Selain itu, dia menambahkan, pada pertemuan itu juga bertujuan memperkenalkan seni tanaman bonsai kepada masyarakat. "Dalam pertemuan itu akan berlangsung semacam pameran yang menampilkan beragam bonsai milik anggota komunitas," katanya.

Karena itu, menurut Mursid, peserta pertemuan diperbolehkan membawa koleksi terbaiknya untuk ditampilkan dalam kegiatan itu. "Kontribusinya murah, hanya Rp50 ribu perorang.

Kegiatan yang digelar tiga hari itu, merupakan langkah awal komunitas bonsai di Pesisir Barat. "Ke depan, kami akan gelar pameran dan kontes bonsai. Kami juga akan bergabung dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI),” kata Mursid.

Dia mengharapkan kegiatan ini membuat masyarakat lebih mengenal tanaman bonsai. "Kami undang masyarakat, khususnya warga Pesisir Barat, untuk datang dan mengunjungi pameran bonsai kami. Para pecintai bonsai, silakan bergabung," ajaknya. (*)

Laporan: Agung Sutrisno.

Editor: M Furqon.




Leave a Comment