Universitas Aisyah Sosialisasi dan Workshop BKD dan LKD

img
Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) gelar sosialisasi dan workshop penyusunan beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD).

MOMENTUM, Pringsewu--Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) menggelar sosialisasi dan workshop tentang penyusunan beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD) tahun akademik 2020/2021 bagi para dosen setempat.

Kegiatan yang diikuti 61 dosen itu berlangsung pada Kamis (18-2-2021) di Aula Kampus Universitas Aisyah Pringsewu, Jalan Tambahrejo, Kecamatan Gadingrejo. 

Dihadiri Sekretaris Yayasan Aisyah Lampung Fitriana, Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Herdono, Wakil Rektor I Ani Kristianingsih, Wakil Rektor II Yenny Marthalena, Wakil Rektor III Dian Arif Wahyudi dan diikuti para dosen.

Menurut Hardono, beban kerja dosen dan laporan kinerja dosen merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kinerja dosen. Yaitu unjuk kerja Tridharma Perguruan Tinggi sebagai pengakuan atas kompetensi profesi dosen yang telah melalui proses sertifikasi dosen.

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kinerja dosen. Serta memudahkan penyusunan beban kerja dosen dan mengerti secara teknis dalam penyusuan laporan kinerja dosen, ujar Hardono. 

Menurut Sekretaris Yayasan Aisyah Lampung Fitriana, dosen wajib melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Hal ini bertujuan agar perguruan tinggi memberikan masyarakat besar bagi masyarakat.

Disebutkan, tugas utama dosen adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12  SKS dan paling banyak 16 SKS pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademik. 

Pelaksanaan tugas utama dosen perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan. 

Selain itu, dosen adalah salah satu komponen essential dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi. Peran, tugas, dan tanggungjawab dosen sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. 

Mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang meliputi kualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Dalam kegiatan itu, Kepala Sistem Penjaminan Internal (SPI) Universitas Aisyah Pringsewu Surmiasih mengisi materi regulasi implementasi dan rubrik BKD serta dilanjutkan dengan penyusunan/pengisian LKD dan BKD.

Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu Zulkifli menyampaikan materi tentang  sosialisasi Aplikasi untuk Mendokumentasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pemateri Riska Hediya Putri tentang Kinerja Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan ,Tahta Herdian Andika dengan materi Aplikasi LPPM Universitas Aisyah Pringsewu. (*)

Laporan: Sulistyo/Rls

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos