Tanjunganom Jadi Kampung KB Percontohan di Provinsi Lampung

img
Bupati Pringsewu Sujadi meresmikan Pekon Tanjunganom sebagai Kampung KB Percontohan dan Rumah Data Kependudukan Percontohan.

MOMENTUM, Ambarawa--Pekon Tanjunganom, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu dinobatkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) Percontohan di Provinsi Lampung.

Bersamaan dengan itu, Bupati Pringsewu Sujadi meresmikan Rumah Data Kependudukan Percontohan di Balai Pekon Tanjunganom, Selasa (2-3-2021).

Dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Lampung Uliantina Meiti, dan Ketua Komisi IV DPRD Pringsewu Suryo Cahyono, Ketua TP-PKK Pringsewu Nurrohmah Sujadi dan Ketua DWP Sri Prihatin Iswahyudi, Kadis P3AP2KB Pringsewu Purhadi, Camat Ambarawa Sutikno dan Kapekon Tanjunganom Muhyiddin.

Sujadi mengharapkan penetapan Kampung KB dan Rumah Data Kependudukan Percontohan tersebut berdampak pada kemajuan pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Sementara Uliantina Meiti mengatakan pemerintah melalui BKKBN turut ambil bagian dalam pembangunan SDM melalui program strategis.

Peresmikan Kampung KB diharapkan menjadi model dalam penguatan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana atau Bangga Kencana, serta program pembangunan lainnya.

Menurutnya, berdasarkan data dan laporan, pengelolaan Kampung KB dan Rumah Data Kependudukan di Pekon Tanjunganom telah dilaksanakan secara efektif dan tepat sasaran, serta memiliki kontribusi terhadap pencapaian tujuan dengan klasifikasi paripurna.

"Karena itu, Pekon Tanjunganom ditetapkan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas dan Rumah Data Kependudukan Percontohan Tingkat Provinsi Lampung," ungkapnya.

Pada bagian lain dia mengungkapkan BKKBN tahun ini menjadi koordinator percepatan penanganan stunting atau persoalan gizi buruk pada bayi di bawah lima tahun atau balita. 

Kampung KB menjadi wilayah intervensi yang strategis dalam menyosialisasikan dan mengimplementasikan   berbagai program Bangga Kencana dan program lain untuk mencegah stunting di tingkat desa. (*)

Laporan: Sulistyo

Editor: M Furqon.



Leave a Comment