Prodi Saintek, Kedokteran Unila Paling Diminati Calon Mahasiswa

img
Calon mahasiswa mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri tahun 2021.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pendidikan Kedokteran Universitas Lampung (Unila) menjadi program studi yang paling diminati calon mahasiswa baru pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Berdasarkan data yang dilansir harianmomentum.com dalam laman website Unila.ac.id, Senin (29-3) tercatat 1.274 calon mahasiswa mendaftar pada pilihan pertama sebanyak 858 dan 416 di pilihan kedua.

Dari 10 program studi (Prodi) saintek Unila, jurusan Farmasi menempati posisi kedua dengan jumlah pendaftar 791. Sedangkan, Prodi Ilmu Komputer menjadi pilihan ketiga terbanyak dengan jumlah pendaftar mencapai 606.

Sementara untuk data calon mahasiswa Kedokteran Unila yang diterima sebanyak 61 peserta. Dari jumlah itu, 63,93 persen atau 39 calon mahasiswa berasal dari Provinsi Lampung.

Secara keseluruhan, Unila menerima calon mahasiswa sebanyak 1.623 dari 14.137 pendaftar SNMPTN tahun 2021. Berdasarkan daftar itu, sebanyak 93,76 persen merupakan warga Provinsi Lampung.

Sebelumnya, Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., menyatakan membuka akses pendidikan seluas-luasnya bagi masyarakat Provinsi Lampung untuk menempuh pendidikan.

Karomani mengungkapkan, perubahan statistik itu merupakan kebijakan yang dibuat Unila agar tidak ada kesan bahwa pendidikan hanya bagi elit semata.

Untuk itu, Unila menerapkan keberpihakan terhadap masyarakat prasejahtera khususnya yang berada di Provinsi Lampung, untuk dapat menempuh pendidikan di Unila.

Kebijakan baru tahun 2021 ini dilakukan dengan tujuan membuka akses dan kesempatan bagi seluruh siswa yang ada di tiap kabupaten/kota, sehingga kesempatan belajar dapat lebih proporsional.(**)

Editor: Agus Setyawan



Leave a Comment