Hutan Mangrove Petengoran Berpotensi Jadi Obyek Wisata Edukasi

img
Gapura kawasan wisata Huitan Mangrove Petengoran di Desa Gebang, Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran

MOMENTUM, Telukpandan--Hutan Mangrove Petengoran yang berlokasi di Desa Gebang, Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran, kini menjadi salah satu alternatif pariwisata di Provinsi Lampung.

Panorama hutan bakau yang menghijau berlatar birunya menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke obyek wisata tersebut.

Finalis Putri Ekowisata Provinsi Lampung tahun 2021 Yulia Astuti menyebut Hutan Mangrove Petengoran layak menjadi lokasi wisata edukasi.

"Ya, saya hadir di sini memanfaatkan sarana destinasi wisata mangrove sebagai profil diri dan media sarana pembuatan video promosi wisata. Panorama di sini menakjubkan. Selain pemandangannya bagus dan indah, juga banyak spot yang bisa kita manfaatkan sarana edukasi tentang pelestarian lingkungan hidup," kata Yulia Astuti usai menanam pohon mangrove di kawasan hutan tersebut, Minggu (27-6-2021).

Menurut dia, keberadaan Hutan Mangrove Petengoran harus lebih disosialisasikan pada masyarakat luas, khsusnya genarasi muda.

"Kami merasakan di sini seperti di rumah sendiri dalam suasana bebas, indah, bersih, aman dan nyaman. Di sini juga adan ruang edukasi penanaman mangrove. Ini harus terus kita sosialisasikan, agar semakin paham tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidu, khususnya kawasan pesisir pantai," terang mahasiswi Politeknik Negeri Lampung itu.

Untuk mendukung upaya pengembangan wisata  kawasan Hutan Mangrove Petengoran, dia berharap, pemerintah daerah dapat melengkapi berbagai fasilitas pendukung. 

Pelestari Mangrove Petengoran Desa Gebang Toni Yunizar menyampaikan  apresiasi atas support dari Finalis Putri Ekowisata Provinsi Lampung tersebut.

"Terima kasih kepada mbak Yuli sudah berkunjung dan mempromosikan wisata hutan mangrove ini. Semoga kelak semakin banyak pihak-pihak yang mendukung upaya pengembangan Hutan Mangrove Petengoran ini sebagai obyek wisata edukasi," harapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pesawaran Zuriadi, pemkab setempat terus mendukung pelestarian kawasan pesisir pantai melalui penanaman mangrove. Termasuk pengembangan kawasan Hutan Mangrove Petengoran menjadi obyek wisata edukasi.

"Kita akan terus mendukung upaya pelestarian lingkungan, khsusnya di kawasan pesisir pantai. Termasuk pengembangan kawasan Hutan Mangrove Petengoran menjadi obyek wisata edukasi," kata Zuriadi. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos