Layanan Vaksinasi Covid-19, Polres Tulangbawang Luncurkan Aplikasi Sekelik

img
Sosialisasi program layanan masyarakat berbasis digital yang diluncurkan Polres Tulangbawang

MOMENTUM, Menggala--Masyarakat Kabupaten Tulangbawang tak perlu lagi susah payah mencari dan mendaftar untuk mendapatkan layanan vaksinasi covid-19. Polres Tulangbawang meluncur program aplikasi layanan eloktronik berbasis digital yang dapat diakse melalui smartphone android.  Aplikasi layanan tersebut dinamakan Sekelik atau Sistem Elektronik Informasi Kamtibmas. 

"Melalui aplikasi Sekelik masyarakat, tak perlu jauh-jauh pergi mendaftarkan ke berbgai fasilitas kesehatan untuk mendapatkan layanan vaksinasi covid-19. Cukup dari handphone saja," kata Kapolres Tulangbawang AKBP.Hujra Soumena saat peluncuran dan sosialisasi program layanan masyarakat bebasis digital. Sosialisasi berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Wira Satya mapolres setempat, Senin (`3-9-2021).

Untuk mengakses layanan tersebut, sebelumnya harus mengunduh program aplikasi Sekelik di play store smartphone. "Setelah mengunduh dan mengistal aplikasi sekelik di smartphone, kitabisa langsung bisa memilih  menu pendaftaran  vaksinasi online. Kemudian pendaftar akan diarahkan ke halaman untuk mengisi identitas," terangnya.

Selanjutnya,  pendaftar melakukan pengisian reCAPTCHA untuk menghindari pengisian oleh BOT. Tekan tombol kirim dibagian bawah. Admin akan mengirimkan pesan langsung ke email yang telah diisi oleh pendaftar sebelumnya, atau sewaktu menginstal aplikasi Sekelik.

Selain layanan pendaftaran vaksinasi inline, pada aplikasi Sekelik juga terdapat beberap layanan lainya: tombol panik, aduan, SIM Online, SKCK online, besuk tahanan online. Layanana surat kehilangan, indek kepuasan masyarakat (IKM).

"Aplikasi Sekelik  juga terdapat link menuju ke aplikasi PeduliLindungi.Semua menu yang telah tersedia pada aplikasi Sekelik ini, sengaja kami buat untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan digital yang cepat, gratis, dan nyaman, sesuai slogan Polres Tulangbawang BERKIBAR atau Bersih Melayani, Kinerja Profesional, dan Bersama Raih Sukses,"  jelasnya. 

Sosialisasi tersebut diikuti: perwakilan aparat kampung, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Pada kesempatan itu, kapolres kembali mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk mencegah penularan covid-19. (**)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: Munizar 



Leave a Comment