Pesawaran Terima Vaksin PMK Tahap Ketiga Dua Ribu Dosis

img
Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pesawaran, Fisky Virdous.

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Pesawaran menerima dua ribu dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi, kerbau, dan kambing.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Pesawaran, Fisky Virdous menyebut vaksin PMK dari Dirjen Peterkanan Kementerian Pertanian itu, akan disalurkan ke sejumlah kesehatan hewan (puskeswan) di sebelas kecamatan di Pesawaran.

"Pesawaran telah mendapat 1.000 dosis pada tahap pertama, lalu 1.200 dosis tahap kedua, serta 2.000 dosis tahap ketiga yang baru kita dapatkan sekarang. Informasi yang kita terima, untuk Provinsi Lampung total mendapatkan sebanyak 50 ribu dosis," kata Fisky, Selasa (2-8-2022).

Menurut Fisky, Pesawaran mengajukan 45 ribu dosis vaksin PMK kepada Kementan. "Setiap hewan ternak akan menerima dua kali suntik vaksin yang dilakukan dua tahap. Selain itu, jenis hewan yang divaksin diutamakan hewan yang masih dalam usia produktif dan tidak dalam kondisi sakit," katanya.

Disebutkan, jumlah ternak di Pesawaran, sekitar 23.082 ekor sapi, kerbau 958 ekor, kambing 54.079 ekor serta domba 5.439 ekor.

"Kami juga sudah lakukan sosialisasi kepada peternak dan pedagang hewan ternak berkuku belah, jenis sapi, kambing, domba dan kerbau untuk terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar kandang guna mencegah penularan PMK," tuturnya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos