Dinkes Lamsel Juara Tiga Nasional Gerakan Optimalisasi Penemuan Kasus TBC

img
Pengumunan penghargaan nasional Gerakan Optimalisasi Penemuan Kasus TBC Periode 1 Maret–30 Juni 2022.

MOMENTUM, Kalianda--Upaya keras jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel)  melakukan pencegahan dan penanganan penyakit tuberculosis atau TBC menuai apresiasi dari Kementerian Kesehatan.

Apresiasi itu diberikan dalam bentuk penghargaan Juara Ketiga Nasional Gerakan Optimalisasi Penemuan Kasus TBC Periode 1 Maret–30 Juni 2022.

Penghargaan sebagai juara ketiga itu diberikan dalam acara peringatan Hari Tuberculosis Sedunia (HTBS) di Episode Gading Serpong Hotel,  Kabupaten Tanggerang, Provinsi Banten, Selasa (2-8-2022) malam.

Kepala Dinas Kesehatan Lamsel Joniyansah mengatakan, penghargaan yang diberikan  Dirjen P2P Kementerian Kesehatan itu, merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas capaian kinerja pencegahan dan penanganan TBC di kabupaten setempat.

"Kita (Dinkes Lamsel) berhasil melakukan peningkatan pemeriksaan terduga TBC yang dilakukan secara terpadu melalui Gerakan Terpadu Eliminasi TB, Stunting di seluruh desa," kata Joniyansah, Rabu (3-8-2022). 

Gerakan Terpadu Eliminasi TB, Stunting itu dicanangkan  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamsel Winarni Nanang Ermanto.

Selain upaya penemuan terduga TB di seluruh desa, Dinkes Lamsel juga melakukan pemeriksaan terduga TB di Lapas Kelas IIA Kalianda, Pondok Pesantren serta di seluruh fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kerja keras yang dilakukan oleh seluruh pihak terkait, terutama para petugas kesehatan. Semoga ini semakin memotivasi kita untuk terus mengoptimalkan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat," harapnya.

Juara pertama penghargaan tersebut diraih Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Juara kedua Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos