Tujuh Tiyuh di Tubaba Resmi Definitif

img
Foto bersama di kantor Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa di Jakarta pada Kamis (18-8-2022).

MOMENTUM, Panaragan--Akhirnya sebanyak tujuh tiyuh/desa persiapan di Tulangbawang Barat (Tubaba) resmi definitif, setelah tujuh tahun lamanya.

Penetapan tiyuh tersebut telah terbukti mendapatkan nomor kode dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa Republik Indonesia (RI).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (PMT) Tubaba Sofiyan Nur, setelah mengikuti hasil rapat klarifikasi dokumen usulan penataan desa yang berlangsung di kantor Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa di Jakarta pada Kamis (18-8-2022).

"Hari ini persiapan Tiyuh Mekarasri, Kecamatan Tulangbawang Tengah yang terakhir telah mendapatkan nomor kode desa. Dikarenakan telah dinyatakan memenuhi persyaratan," ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Sofiyan, beberapa minggu lalu enam tiyuh persiapan sudah mendapatkan nomor kode terlebih dahulu.

"Keenam tiyuh lainnya telah terlebih dahulu dikeluarkan kode desanya beberapa waktu, Tiyuh Karta Tanjungselamat, Tiyuh Kartaraya, Tiyuh Kagungan Ratuagung, dan Tiyuh Gadingkencana untuk Kecamatan Tulangbawang Udik. Kemudian Tiyuh Sidoagung untuk Kecamatan Waykenanga, Dan Tiyuh Margaasri Kecamatan Tulangbawang Tengah yang masih satu dengan Tiyuh Mekarasri," urainya. 

Pada rapat tersebut, diikuti Tim Penataan Desa Pusat Dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Dirjen Administrasi Wilayah, Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Riset Inovasi Nasional, dan Biro Hukum Kemendagri.

Sementara utusan dari Pemkab Tubaba untuk mengikuti rapat tersebut adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT), Camat Tulangbawang Tengah, Kabid Pemberdayaan Aparatur Pemerintah Tiyuh, serta Plt Kepala Tiyuh dan Juru Tulis Tiyuh Persiapan Mekarasri. 

"Nantinya setelah kode desa keluar, maka selanjutnya kita akan menetapkan dan mengundangkan Perda Tiyuh Mekar Asri, dan akan ditindaklanjuti dengan peresmian serta pelantikan Pj Kepala Tiyuh setempat," jelas Sofiyan Nur.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos