Musa Ahmad: Pilkakam Bukan untuk Perpecahan

img
Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad meninjau kesiapan pasukan pengaman Pilkakam Serentak 2022.

MOMENTUM, Gunungsugih--Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Musa Ahmad mengingatkan pelaksanaan Pilkakam bukannya untuk perpecahan dan konflik sosial. Namun, untuk meningkatkan pembangunan.

Hal itu disampaikan Musa Ahmad saat menjadi inspektur upacara (Irup) pada apel pergeseran pasukan pengamanan pemilihan kepala kampung (Pilkakam) Serentak, di Lapangan Mapolres Lamteng, Selasa (23-8-2022).

"Berdasarkan perkiraan intelijen dan analisis situasi Kamtibmas telah terjadi peningkatan suhu politik yang memunculkan potensi kerawanan, sehingga itu harus diatasi," kata dia.

Menurut dia, sejumlah kerawanan yang muncul antara lain, adanya intimidasi money politik, hoax hate speech, penyebaran SARA. "Inilah tugas tim pengamanan, agar dapat meminimalisir hal yang dapat memecah belah persatuan, dan berpotensi menimbulkan konflik sosial,” ujar Musa.

Bupati Musa juga mengajak seluruh peserta apel Serpas melaksanakan tugas dengan penuh semangat, disiplin tulus dan iklas.

“Sehingga pelaksanaan Pilkakam tidak hanya berjalan dengan tertib, aman dan terkenali. Namun, akan bermakna ibadah dihadapan Tuhan YME,” tegas bupati.

Diketahui, Pilkakam serentak berlangsung di 82 kampung dan 27 kecamatan se Lamteng pada 24 Agustus 2022. Sedangkan 5 kampung yang melakukan Pilkakam e-Voting yakni, Wates (Kecamatan Bumiratu Nuban), Kali Sari (Kecamatan Kalirejo), Pujo Basuki (Kecamatan Trimurjo), Gunungagung (Kecamatan Anak Tuha), dan Restu Buana (Kecamatan Rumbia).

Apel pergeseran pasukan dengan Komandan Upacara, Ipda Bayu Ogara dihadiri Kapolres Lamteng, AKBP Doffei Fahlevi Sanjaya SIK, dan Forkopimda kabupaten setempat.

Polres Lamteng 409 personel, Bawah Komando Operasi (BKO) Polres Metro, Lampung Timur (Lamtim), Lampung Utara (Lampura), Tulangbawang (Tuba), dan Tulangbawang Barat (Tubaba).

Selain itu, Polres Lamteng juga di back up BKO dari Sat Brimob Polda Lampung, Kodim 0411/KM, dan Satpol PP sebanyak 320 personel.

Para personel akan disebar ke 544 yang tersebar di 82 kampung dari 27 kecamatan. Kemudian, pasukan BKO Brimob akan ditempatkan di tiga rayon, yakni, Rayon A wilayah barat, Rayon B Wilayah Tengah, dan Rayon C di Wilayah Timur.

Selanjutnya, dua peleton Dalmas Polres Lamteng siaga di Mako, satu Tim Resmob Tekab 308, bergerak mobile ke daerah-daerah yang menggelar Pilkakam.(*)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos