Kebutuhan Logistik Pilkakam Dipastikan Aman

img
Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad meninjau lokasi kampung penyelenggara Pilkakam secara e-voting.

MOMENTUM, Bumiratunuban--Bupati Lampung Tengah H Musa Ahmad memastikan semua kebutuhan logistik cukup saat Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak, Rabu 24 Agustus 2022.

Hal itu disampaikan Musa Ahmad saat meninjau persiapan pelaksanaan Pilkakam secara e-voting yang akan diselenggarakan serentak, Selasa (23-8).

“Kita mengecek persiapan pelaksanaan Pilkakam secara e-Voting yang akan diselenggarakan serentak Rabu besok,” kata Musa Ahmad.

Musa Ahmad menjelaskan Pilkakam serentak secara e-Voting yang akan dilaksanakan di Kampung Wates Kecamatan Bumiratu Nuban, Pujobasuki Kecamatan Trimurjo, Restubuana Kecamatan Rumbia, Gunung Agung Kecamatan Anak Tuha dan Kalisari Kecamatan Kalirejo telah mendapatkan sertifikat dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Secara teknis kita telah siap untuk melaksanakan e-Voting dan juga telah mendapatkan sertifikat dari BRIN,” katanya.

Pilkakam secara e-Voting, lanjut Musa Ahmad merupakan inovasi dari Dinas PMK yang kedepannya akan diterapkan di seluruh kampung se Lampung Tengah.

“Ini inovasi yang baik dari dinas PMK dan jika berjalan sukses kedepannya akan kita terapkan di seluruh Lampung Tengah,” ujarnya.

Bupati Musa juga menegaskan kepada para Camat agar menjaga kenetralitasannya semua, pastikan seluruh jajaran yang ada harus benar menjalankan pilkakam dengan tertib dan damai. "Mungkin ada sedikit gesekan tolong disikapi dengan arif dan bijaksana. Koordinasikan dengan sebaik baiknya dengan rekan rekan forkopimcam yang ada di kecamatan masing masing," kata dia.

Dia mengingatkan untuk memastikan kenetralan panitia pemilihan di setiap kampung. "Apabila kalian jajaran panitia tidak bisa bersikap netral, ini adalah awal pemicu persoalan yang ada di tengah masyarakat kita semua. Jangan terpancing dengan apapun di lingkungan atau daerah masing-masing," imbuhnya.

Untuk diketahui, kampung yang melaksanakan Pilkakam serentak berjumlah 82 kampung di 27 kecamatan se Kabupaten Lampung Tengah. 

Dari data itu, 77 kampung melaksanakan Pilkakam secara manual sedangkan lima kampung melaksanakan Pilkakam secara e-voting yaitu Kampung Wates Kecamatan Bumiratunuban, Kampung Kalisari Kecamatan Kalirejo, Kampung Gunungagung Kecamatan Anak Tuha, Kampung Pujo Basuki Kecamatan Trimurjo dan Kampung Restubuana Kecamatan Rumbia.

Sementara jumlah calon Kepala Kampung 275 orang yang terdiri dari 248 laki-laki dan 27 perempuan. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos