Pemkab Lamsel Salurkan Insentif Guru Honor

img
Ribuan guru honor dan tenaga kependidikan memadati GOR Wayhanda, Kalianda, pada penyerahan insentif dari Pemkab Lamsel.

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) memberikan insentif guru tahap II periode Mei-Agustus 2022 kepada guru honor lingkup Dinas Pendidikan Lamsel.

Insentif tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lamsel Nanang Ermanto di Gedung Olahraga Wayhandak, Kalianda, Kamis ( 15-9-2022).

Penerima insentif itu para guru yang bertugas dari jenjang pendidikan, mulai dari guru PAUD, SD Negeri, SMP Negeri, guru inklusif, guru di kepulauan dan operator sekolah.

Total dana insentif tahap kedua senilai Rp4,904 miliar yang diberikan kepada 4.855 guru honor se-Lamsel. Setiap guru menerima insentif sekitar Rp1 juta. Pada periode pertama, Januari-April 2022, total nilai insentif yang disalurkan sedikit lebih banya, Rp4,978 miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Lamsel, Asep Jamhur mengatakan pencairan insentif guru honor mulai disalurkan pada 15 September 2022.

Dia berharap, pemberian insentif tersebut dapat memacu semangat untuk para pendidik dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan peserta didiknya guna mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

“Dengan adanya komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, kita yakini di tahun mendatang jumlah besaran dan jumlah penerima insentif untuk tenaga pengajar dan tenaga kependidikan semakin meningkat dan memiliki kolerasi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan,” harapnya.

Asep juga berpesan kepada seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk tetap bersemangat karena masa depan pendidikan ditentukan oleh guru.Semua guru harus mempunyai tanggungjawab serta komitmen untuk dapat mendorong bagaimana melahirkan siswa siswi yang hebat, berpondasikan akhlak dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dan berwawasan kebangsaan.

“Sudah selayaknya kita berterimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada bapak Bupati Lampung Selatan yang telah memberikan perhatian yang sangat besar terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan,” pintanya.

Laili Suryani, guru PAUD Khodijah Kecamatan Katibung yang hadir pada saat penyerahan bantuan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Lamsel yang telah memberikan perhatian serta apresiasi kepada guru honorer.

“Alhamdulillah kami para guru dan operator sangat bersyukur dengan perhatian yang sudah diberikan oleh Bupati Lampung Selatan yang telah memberikan tambahan insentif untuk kami, semoga penambahan insentif ini akan terus ada dan dapat meningkatkan kesejahteraan kami para guru," ungkapnya.

Bupati Lamsel Nanang Ermanto dalam sambutannya mengatakan, penyerahan insentif ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan pada dunia pendidikan karena majunya suatu daerah ditentukan dengan kualitas pendidikannya.

“Dengan situasi inflasi yang saat ini sedang melanda ke seluruh pelosok negeri termasuk Kabupaten Lampung Selatan, hal tersebut tidak mengurangi perhatian kami terhadap dunia pendidikan, tetap kami utamakan kesejahteraannya,” ujarnya.

Nanang mengatakan akan mengupayakan penyerahan insentif tahap III pada Desember 2022. “Jadi bapak ibu, jangan dinilai besar kecilnya insentif ini, tapi bagaimana melihat kepedulian Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk memajukan pendidikan,”kata Nanang.

Dengan majunya dunia pendidikan, diharapkan dapat melahirkan generasi-generasi emas yang memiliki sikap yang baik dan beretika dengan kualitas pendidikan yang kita miliki.

Dia juga menghimbau kepada seluruh guru yang hadir, untuk dapat memanfaatkan pekarangan sekolah dan rumah sebagai tempat untuk dapat menanam kebutuhan pokok sehari-hari seperti sayuran, cabe serta kebutuhan lainnya yang dapat ditanggulangi ditengah membumbungnya harga berbagai kebutuhan bahan pokok dipasar akibat inflasi yang sedang merundung.

“Jadi tugas Bapak Ibu guru untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan sekolah untuk dapat ditanami kebutuhan pokok sehari-hari seperti cabai, tomat. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat mengurangi biaya belanja dapur akibat dari adanya inflasi yang sedang kita hadapi saat ini,” tutupnya.(*)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment