Gowes Bareng HUT Ke-31 Lambar, Diikuti Peserta dari Berbagai Daerah

img
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus gowes barang meriahkan HUT ke-31 Lambar.

MOMENTUM, Balikbukit -- Rangkaian kegiatan memeriahkan hari jadi ke-31 tahun Kabupaten Lampung Barat yang jatuh pada 24 September mendatang, Pemkab Lampung Barat (Lambar) menggelar ngayuh bebakhong atau gowes bersama.

Bersepeda santai itu dipusatkan Gor Aji Saka kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas Kecamatan Balikbukit, Minggu, 18 September 2022.

Diikuti sekitar 1.324 pesepeda yang tergabung dalam komunitas Goweser Liwa Gowes Community (LGC) Lampung Barat dan Provinsi Lampung, serta ratusan pencinta sepeda dari luar Lampung. Yakni, Bogor, Bengkulu dan Palembang.

Sebelum tur dimulai, Bupati Lambar Parosil Mabsus beserta rombongan melakukan senam sebagai gerakan pemanasan sebelum bersepeda agar terhindar dari cedera otot. Tur bersepeda dimulai pada pukul 07.30 WIB.

Parosil beserta rombongan star dari kawasan Sekuting Terpadu - Aspol - Perusahan Listrik Negara (PLN) liwa - Seranggas - Palang Merah Indonesia (PMI) Lambar - Hotel Permata - makam pahlawan - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar - Kebun Raya Liwa - Hamtebiu - taman kota liwa - bundaran Pasar Liwa - Polres Lambar lalu finish di kawasan Sekuting Terpadu.

Parosil mengungkapkan kunjungan goweser dari berbagai daerah pada kegiatan tersebut, menjadi spirit bagi Lambar untuk terus melakukan pembangunan, khususnya di bidang wisata.

Kawah Nirwana yang terdapat di Suoh, menurut dia, merupakan kebanggaan Lambar yang potensial menjadi daya tarik wisatawan. Apalagi, di Indonesia hanya Lambar yang memiliki objek wisata Kawah Nirwana. "Lampung barat ini surga tersembunyi," ujarnya

Acara seperti ini tujuannya bukan hanya berolahraga tetapi juga untuk kunjungan wisata. Pembangunan pariwisata dapat membangkitkan perekonomian masyarakat.

Sementara kordinator goweser Lampung Rudi mengungkapkan even Lampung Bersepeda merupakan kegiatan yang dilakukan tiga bulan sekali dilaksanakan dengan secara bergiliran, kali ini bersamaan dengan ulang tahun ke-27 Bersepeda Lampung.

"Pada hari ini kabupaten Lampung Barat menjadi tuan rumah kegiatan goweser ini," Sebutnya.

Kegiatan tersebut bertujuan sebagai ajang untuk menyalurkan hobi sekaligus sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Lampung barat dengan para peserta komunitas Goweser LGC, kabupaten lampung barat, lampung maupun dari luar Provinsi.

Dia berharap, selain untuk menciptkan atlet bersepada, kegiatan seperti ini menjadi ajang silaturrahmi untuk para goweser Lampung maupun dari luar Lampung.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin, Sekretaris Daerah (Sekda) Nukman, para pejabat, camat dan peratin. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment