Musa Ahmad: Program Bunga Kampung Diadopsi Kabupaten/Kota di Indonesia

img
Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad saat melaksanakan program Bunga Kampung di Karangendah, Terbanggibesar.

MOMENTUM, Terbanggibesar -- Program Pemkab Lampung Tengah (Lamteng), Bupati Ngantor di Kampung (Bunga Kampung), kembali dilaksanakan. Kali ini, di Kecamatan Terbanggibesar selama dua hari, 29-30 September 2022.

Program Bunga Kampung ke-27 yang dipusatkan di Lapangan Kampung Karangendah Kecamatan Terbanggibesar tersebut, dihadiri ribuan warga yang hendak mengurus antara lain, administrasi kependudukan (adminduk), membayar pajak, dan pelayanan kesehatan.

Camat Terbanggibesar, Periansyah berterima kasih atas kehadiran Bupati Lamteng Musa Ahmad, dengan membawa sejumlah instansi pelayanan masyarakat pada Program Bunga Kampung.

Menurut Periansyah, Program Bunga Kampung yang ke-27 tersebut, dipenuhi oleh masyarakat yang ingin mengurus adminduk dan lainya.

“Kendati akses masyarakat, mengurus administrasi dekat dengan ibu kota Lamteng. Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang memanfaatkan program ini untuk mengurus administrasi, perizinan, kesehatan, dan lainya,” jelas Periansyah.

Sementara itu, Bupati Lamteng Musa Ahmad menjelaskan, program Bunga Kampung yang digelar setiap Kamis dan Jumat keliling ke kecamatan-kecamatan, untuk memangkas rentang kendali birokrasi dalam melayani masyarakat.

"Program Bunga Kampung ini, dalam rangka mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, pembayaran pajak, dan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Untuk itu, Bunga Kampung hadir di setiap kecamatan dan kampung yang ada di Kabupaten Lamteng.

“Saat ini, sudah 27 kecamatan yang telah mendapatkan pelayanan publik. Semoga Bunga Kampung, tidak hanya menjadi kegiatan seremonial semata. Namun juga memberikan manfaat dan langsung dirasakan oleh masyarakat Lamteng,” harapnya.

Program Bunga Kampung ke-27 yang dipusatkan di Kecamatan Terbanggi Besar, tidak hanya dilaksanakan Lapangan Kampung Karangendah. Namun, Bupati Musa juga menyempatkan waktu untuk menyapa dan berdisksusi bersama tenaga pendidik, kesehatan, para petani, dan peternak.

Kemudian, dilanjutkan dengan mengukuhkan Linmas, berdialog dengan aparatur kampung, menggelar pengajian akbar.

Selanjutnya, kegiatan Bungan Kampung pada 30 September Bupati Musa Ahmad olahraga dan bersepeda bersama masyarakat Terbanggi Besar.

Untuk diketahui, Program Bunga Kampung telah menjadi program yang luar biasa dan dinilai memberikan manfaat langsung oleh masyarakat.
Sehingga, kabupaten maupun kota banyak yang akan mengadopsi program ini. Salah satunya Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu yang telah melakukan studi ke Lamteng beberapa waktu lalu.

Selain itu, program yang dibuat Bupati Lamteng Musa Ahmad juga telah masuk ke Istana Negara dan telah dikaji untuk menjadi program nasional. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos