Ekspo III SMPN 1 Gadingrejo, Ajang Pentas Seni dan Keterampilan Siswa

img
Kadisdkbud Pringsewu Budi Hariyanto pada pembuukaan Ekspo III yang digelar SMPN 1 Kecamatan Gadingrejo.

MOMENTUM, Pringsewu -- SMP Negeri 1 Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, menggelar Ekspo III tahun 2022 sebagai ajang pentas seni dan penjualan produk kerajinan pelajar.

Kepala SMPN 1 Gadingrejo Heru Siswanto mengatakan, ekspo mengelar beragam lomba tingkat SD/MI se-Kabupaten Pringsewu. Seperti, lomba menyanyi solo, melukis, membaca puisi, mendongeng dan olimpiade MIPA.

"Juara lomba akan memperoleh piala bergilir Bupati dan Kadis Pendidikan Pringsewu. Juga, piagam dan uang pembinaan," kata Heru, Rabu 26 Oktober 2022.

Selain lomba seni, dia mengatakan, ekspo juga menyiapkan stand pameran untuk menjual produk kerajinan para siswa siswi SMPN 1 Gadingrejo.

"Selain menampilkan dan memperjualbelikan makanan dan minuman, juga berbagai karya kerajinan tangan dari siswa-siswi akan dipamerkan," jelasnya.

Heru menjelaskan, ekspo itu muluai diadakan pada 2018 dan kedua 2019. "Kemudian istirahat karena pandemi Covid-19. Tahun 2022 ini kita memulai lagi. Alhamdulillah pesertanya membludak, baik peserta lomba juga peningkatan stand," jelasnya.

Bahkan program itu akan rutin digelar disetiap tahunnya, dengan penampilan yang lebih berbeda dan menarik lagi.

Dia mengaakan, kegiatan itu bertujuan mendidik siswa-siswi pada pembelajaran nonakademi. Mendidik para siswa berwirausaha. "Minimal mulai dini kita bina karakter peserta didik lebih dulu supaya masa depan dapat mandiri dan menjadi pengusaha sukses," ungkapnya.

Disebutkan, SMPN 1 Gadingrejo berdiri di atas lahan seluas 6500 meter persegi. Dengan24 ruang, ruang guru, laboratorium, perpustakaan dan musala. "Saat ini jumlah siswanya 759 anak, 58 tenaga guru, 44 di antaranya berstatus PNS," imbuhnya.

Kadis Dikbud Kabupaten Pringsewu Budi Hariyanto saat membuka kegiatan mengapresiasi SMPN 1 Gadingrejo yang berinisiatif menggelar ekspo. Hal ini setidaknya dapat memberi pembelajaran kepada anak didik dalam berwirausaha.

Dia meminta kepada pihak sekolah lain dapat mengikuti kegiatan yang positif tersebut. Sebagai sarana berlatih siswa di bidang seni, kerajinan, dan wirausaha.

“Intinya sih mengenalkan kepada mereka. Bahwa sejak kecil anak-anak ini bisa berwira usaha juga dengan memanfaatkan berbagai teknologi," harap Budi Hariyanto.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Ketua MKKS SMP Rahmanto, Ketua Komite setempat Rahmanadi dan sejumlah Kepala SMP, juga pihak sponsor, BCA. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos