Hadapi Perkembangan, Pemilik Usaha Wajib Berinovasi

img
Lesehan Bu Safe'i Bandarlampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Perkembangan dalam dunia usaha kini terus mengalami peningkatan pesat, sehingga para pelaku usaha berupaya mengemasnya dengan berbagai cara agar bisa diterima dan diminati masyarakat.

Kondisi tersebut membuktikan perkembangan dunia usaha juga selalu diikuti dengan persaingan yang cukup ketat.

Masyarakat berlomba-lomba mengembangkan usahanya guna memulihkan perekonomian, umumnya memilih untuk berwirausaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun produk yang dijual relatif sama.

Untuk itu, produk makanan harus dibuat seenak dan semenarik mungkin agar pelanggan merasa nyaman dalam penyajian makanan tersebut, sehingga mampu bersaing dengan usaha lainnya.

Salah satunya yakni gerai makanan "Lesehan Bu Safe'i" milik Bu Ida, yang sudah berdiri sejak Tahun 2015. Tempat makan yang berlokasi di Jalan ZA Pagar Alam Nomor 38, Gedongmeneng, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandarlampung itu terus berinovasi untuk memenuhi tuntunan pelanggan.

Bu Ida, pemilik usaha itu mengatakan, sebelumnya untuk memulai usahanya tersebut membutuhkan modal awal Rp6 juta hingga Rp8 juta. "Ditambah dengan keahliannya dalam meracik makanan sesuai dengan hidangan yang ditawarkan," kata dia. 

Berkat ketekunannya dalam menggeluti usahanya itu, Bu Ida mampu meraup keuntungan Rp500 ribu hingga Rp700 ribu perharinya--jika ramai pelanggan--.

Untung dari hasil jualan tersebut sebagian digunakan untuk terus mengembangkan usahanya. Jika bersisa, maka ia lebih memilih untuk menabung. Mengingat stok bahan makanan tidak boleh putus, serta persediaan kebutuhan air minum juga harus harus disiapkan dalam jumlah banyak, lebih lagi ketika konsumen membeludak.

Disinggung mengenai trik pemasaran, pihaknya juga memasarkan produk usahanya melalui layanan pesan-antar seperti Go-food maupun Grab-food.

Terlebih mayoritas pembelinya berasal dari kalangan pelajar dan pekerja dimana jarang sekali membawa makanan dari rumah dan cenderung memesan makanan lewat aplikasi gadget.

Masih kata Bu Ida, agar usahanya tetap bersaing, maka harus terus berupaya menjaga dan meningkatkan rasa dan kualitas makanan maupun minuman di gerai makanan miliknya.(**)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos