Ratusan Peserta Ikut Lomba Mancing HUT ke 14 Pringsewu

img
Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi bersama panitia lomba mancing HUT ke 14 kabupaten setempat

MOMENTUM, Pringsewu--Ratusan peserta ambil bagian dalam lomba mancing gratis yang digelar Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Pringsewu.

Lomba memperebut puluhan door prize itu berlangsung di Embung Pekon Wonodadi Utara, Kecamatan Gadingrejo, Sabtu (11-3-2023).

"Lomba ini bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUt ke 14 Kabupaten Pringsewu," kata Kepala DPURP Pringsewu Imam Santiko Raharjo didampingi Ketua panitia kegiatan tersebut Ahmad Saifudin.

Dia berharap, selain mempererat persatuan dan kesatuan, lomba tersebut juga bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk merawat keberadaan embung dan saluran irigasi.

"Fungsi embung ini bukan hanya untuk sumber air lahan pertanian, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan. Mudah-mudahan dengan lomba ini, semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk merawat embung sekaligus menjaga kelestarian alamnya," terangnya. 

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi. Dia mengimbau masyarakat tidak menangkap ikan dengan cara menyetrum atau menggunakan racun.

"Mari kita rawat dan jaga embung ini. Ikanya boleh diambil, tapi jangan menggunakan cara yang membahayakan dan merusak ekosistem, seperti menggunakan strum atau racun," imbaunya. 

Dia juga meminta DPUPR Pringsewu bersama aparat pekon dan masyarakat menanam pohon penghijauan di tanggul embung tersebut. "Cari dan tanam pohon yang akarnya bisa menahan tanah dan tidak merusak tanggul embung, misalnya kelapa gading," pintanya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos