Pengurus LAKH PWI Lampung Periode 2023-2027 Dilantik

img
Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah saat membacakan surat keputusan (SK) pengurus LAKH Provinsi Lampung. Foto: Glenn KS

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Wirahadikusumah melantik Pengurus Lembaga Advokasi dan Konsultan Hukum (LAKH) PWI Lampung Periode 2023–2027.

Pelantikan pengurus LKAH yang diketuai Kusmawati Fatahong, berlangsung di Balai Wartawan H Solfian Ahmad, Bandarlampung, pada Kamis, 16 Maret 2023.

Pada kesempatan itu, berlangsung penandatangan kerja sama PWI Provinsi Lampung dengan Polda dan Kejaksaan Tinggi Lampung. Ditandatangani Ketua PWI Wirahadikusumah, Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus, dan Kajati Lampung Nanang Sigit Yulinato.

Hadir pada kesempatan itu antara lain Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya, Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung Iskandar Zulkarnain, dan Dewan Penasihat PWI Lampung Supriyadi Alfian.

Dalam sambutannya, Wirahadikusumah mengatakan pembentukan LAKH sangat penting, apalagi terkait adanya sengketa pers dalam kerja jurnalistik.

Menurut Wira, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan pesan bahwa pers diberi kebebasan. Namun hal yang dituntut adalah pers yang bertanggung jawab.

“Pers yang menciptakan konten (jurnalistiknya) dengan mematuhi kode etik dan undang-undang pers,” kata Wira, dalam sambutannya.

Saat ini, lanjut dia, sudah ada sekitar 1.000-an jurnalis yang bergabung dengan PWI Lampung. Karena itu, PWI Lampung terus berusaha meningkatkan SDM para anggotanya khususnya jurnalis, agar sesuai dengan kode etik dan undang-undang pers.

Wira juga berharap dengan dibentuknya kepengurusan LAKH PWI Lampung, juga akan dipantau.

"Jangan sampai ada penumpang gelap yang mengatasnamakan wartawan namun dalam praktek kerjanya, melanggar Kode Etik dan Undang-undang Pers," tegasnya.

“Tujuannya melindungi wartawan yang profesional bukan yang tidak profesional,” tambah dia.

Sementara Ketua LAKH PWI Lampung Kusmawati menyampaikan terima kasih terutama pengurus PWI yang mempercayakan dirinya sebagai Ketua LAKH.

“Saya minta kritik dan saran terhadap apa yang akan saya kerjakan, dan juga yang sudah saya kerjakan. Tolong dikritik, untuk bersama-sama memajukan PWI Lampung,” ujar Kusmawati.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan dialog hukum yang bertemakan “Wartawan dan Ancaman Pidana Undang-Undang ITE”. 


Berikut ini susunan kepengurusan LAHK PWI Lampung periode 2023-2027:

Penanggung Jawab:
Wirahadikusumah (Ketua PWI Lampung)

Pembina :
Eddy Rifai
Bambang Hartono
Supriyadi Alfian

Penasihat :
Bey Sujarwo
Ariansyah
Sukarmmin
Nazarudin Mansyuri

Ketua :
Kusmawati 
Wakil Ketua I : Rozali Umar
Wakil Ketua II : Yormeil

Sekretaris :
Alfian

Wakil Sekretaris I :
Irham Rubian Tauri

Wakil Sekretaris II :
Zainal Hidayat. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos