Lampung Barat Seleksi Calon Anggota Paskibraka

img
Seleksi calon anggota paskibraka Lampung Barat di GOR Ajisaka, Balikbukit, 16-17 Maret 2023.

MOMENTUM, Liwa -- Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar seleksi penerimaan calon pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka).

Kendati pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI masih sekitar lima bulan ke depan, namun Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lampung Barat lebih awal mempersiapkan paskibraka dengan tujuan mematangkan persiapan.

Pembukaan seleksi penerimaan calon anggota paskibraka itu berlangsung di GOR Ajisaka Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balikbukit, Kamis 16 Maret 2023. Dibuka oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Adi Utama. Dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Burlianto Eka Putra, pewakilan Polres dan Kodim 0422 Lampung Barat.

Menurut Adi Utama, seleksi paskibraka nanti akan bertugas pada HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Lampung Barat pada Agustus 2023.

DIa berharap kepada peserta dalam mengikuti kompetisi tersebut agar bersungguh-sungguh sehingga dapat menampilkan performa yang terbaik dalam setiap tahapan.

"Saya berharap adik-adik yang mengikuti seleksi pembentukan Paskibraka dapat mengikuti seluruh rangkaian dengan serius dan penuh suka cita. Jangan jadikan suatu beban sehingga dapat menjadi suatu penghalang dalam memunculkan bakat dan performa terbaik karena momen seperti ini tidak setiap saat bisa diikuti," Terangnya.

Selain itu, dirinya berpesan kepada peserta yang nantinya berhasil lolos dalam seleksi agar jangan pernah merasa puas dan tinggi hati, sebab menurutnya, menjadi anggota Paskibraka memiliki tanggung jawab moral yang menjadi contoh bagi siswa-siswi ke depannya.

"Dan bagi adik-adik yang belum berhasil lolos dalam seleksi jangan merasa rendah diri, sebab masih banyak peluang untuk menjadi yang terbaik," katanya.

Sebanyak 206 pelajar sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ada di Lampung Barat yang mengikuti seleksi anggota Paskibraka yang berjumlah 50 orang terdiri dari 26 pria dan 24 wanita. Seleksi berlangsung dua hari, 16-17 Maret 2023.

Pada seleksi hari pertama difokuskan pada tes parade, pengetahuan pancasila dan wawasan kebangsaan serta intelegensi umum. Model selekasi berbasis online menggunakan aplikasi perisai Paskibraka Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia. Pada hari kedua, tes kemampuan peraturan baris berbaris (PBB), kesamaptaan dan kepribadian.

Dari 50 peserta yang lolos, juga akan diseleksi kembali untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos