Pemkab Pringsewu akan Bayar Bonus Atlet Peraih Medali Porprov IX

img
Atlet Pringsewu peraih medali pada ajang Porprov IX Lampung.

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemkab Pringsewu segera merealisasikan janji memberikan bonus kepada atlet peraih medali di ajang Olahraga Provinsi (Porprov) IX Lampung pada 3-13 Desember 2022. Bonus tersebut diserahkan pada upacara HUT ke-14 Kabupaten Pringsewu pada 3 April mendatang.

Janji itu diucapkan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah di GOR Mini Kuncup Pringsewu, Rabu (20-12-2022) lalu saat penyambutan atlet kontingen Kabupaten Pringsewu yang telah berjuang di ajang Porprov tersebut.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pringsewu Jahron didampingi Kabid Olahraga Dadan Prasada ditemui di ruang kerjanya mengatakan bonus untuk atlet sudah disiapkan, dengan total Rp1,094 miliar. Diberikan kepada peraih 249 atlet peraih Emas 73 atlet, Perak 58 atlet dan Perunggu 118 atlet.

Jahron merinci bonus yang diberikan bervariasi. Misalnya, atlet perorangan peraih Emas mendapat Rp7,5 juta, Perak 3,5 juta dan Perunggu Rp2 Juta. Atlet berpasangan (2 atlet) peraih Emas Rp9 juta, Perak Rp6 juta, Perunggu Rp3 juta. Atlet Beregu (dengan 3 atlet) peraih Emas mendapat Rp10 juta, Perak Rp7,5 juta dan Perunggu Rp4 juta.

Lalu atlet Beregu (dengan 4 atlet) peraih Emas mendapat Rp11 juta, Perak Rp 8 juta dan Perunggu Rp5 juta. Untuk beregu (5-6 atlet) peraih Emas mendapat Rp 12 juta, Perak Rp9,5 juta dan Perunggu Rp6 juta. Sedang untuk Team peraih Emas mendapat Rp 13 juta, Perak Rp 10 juta dan Perunggu Rp8 juta, jelas Jahron.

Disebutkan, bonus itu akan kena potong pajak. Perorangan dipotong pajaknya 5 persen, sedang beregu 15 persen.

Jahron menambahkan, untuk pelatih masing-masing cabang olahraga yang meraih prestasi juga akan diberikan."Yang jelas untuk pelatih tersebut juga akan mendapatkan dana  ucapan terima kasih,"imbuhnya.

Sementara Kabid Olahraga pada Dispora Dadan Prasada menjelaskan, jika pemberian bonus akan disalurkan ditransfer melalui nomor rekening masing-masing atas nama atlet peraih medali.

Disporapar meminta KONI Pringsewu dan pihak terkait bisa membantu mendata dan memberikan nomor rekening masing-masing atlet penerima bonus paling lambat pada 3 April 2023. "Semakin cepat terdata nomor rekeningnya, semakin cepat pula pencairannya," jelas Dadan.

Terpisah Ketua Umum KONI Kabupaten Pringsewu Dwi Pribadi membenarkan adanya informasi dari Disporapar Pringsewu secara tersurat terkait  akan adanya pencairan bonus bagi atlet peraih medali di ajang Porprov ke-lX Lampung.

Bahkan pihak KONI diminta untuk melakukan pendataan nomor rekening masing-masing atlet peraih medali. "Intinya kami siap melakukan pendataan, bahkan siang ini juga Rabu (29/3/2023) kami mengumpulkan para pengurus cabor yang atletnya meraih medali, guna mensosialisasikan terkait bonus tersebut," tegas Dwi. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment