Sumberrejo dan Margakencana Menjadi Tiyuh Pancasila

img
Dandim 0412 Lampung Utara, Letkol Inf Andi Sultan didampingi Bayana, Asisten I Pemkab Tubaba mewakili Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Zaidirina, meresmikan Tiyuh Pancasila.

MOMENTUM, Panaragan -- Dua tiyuh/desa di Kabupaten Tulangbawang Barat atau Tubaba ditetapkan sebagai Tiyuh Pancasila. Yaitu, Sumberejo Kecamatan Gunungagung dan Margakencana, Tulangbawang Udik.

Peresmian tiyuh Pancasila tersebut dilakukan Bayana, Asisten I Pemkab Tubaba mewakili Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Zaidirina, Kamis 11 Mei 2023. Dihadiri Dandim 0412 Lampung Utara, Letkol Inf Andi Sultan, pejabat dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutan yang disampaikan Bayana, Pj Bupati Tubaba mengucapkan terima kasih atas terbentuknya tiyuh Pancasila demi menyatukan perbedaan dan menumbuhkan nasionalisme. Sehingga masyarakat lebih kompak dan tidak mudah terpecah belah oleh adanya SARA, dan tetap satu rasa mempertahankan keutuhan NKRI.

"Kami juga berharap yang telah di daulat menjadi Tiyuh Pancasila ini sebagai  tempat percontohan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan mengajarkan Norma norma yakni Norma kesopanan, norma kesusilaan, norma agama, dan norma hukum," katanya

Zaidirina mengajak seluruh lapisan masyarakat Tubaba untuk saling bergandeng tangan, saling membahu dalam memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat.

"Jika muncul isu-isu negatif terkait sara, segera lakukan klarifikasi, agar isu dan informasi tersebut tidak merusak harmonisnya tatanan kehidupan masyarakat di daerah yang kita cintai ini.

Sejalan dengan Moto Kabupaten Tulangbawang Barat yakni Ragem Sai Mangi Wawai, atau kebersamaan menuju keberhasilan. Yaitu seluruh potensi keberagaman budaya dan agama menjadi acuan untuk kita terus bersatu dan semangat dalam membangun daerah. Penguatan nilai-nilai agama dan budaya menuju masyarakat yang baik dan berkarakter, telah menjadi misi kami yang perlu kita dukung bersama, bebernya.

Di tempat yang sama, Dandim 0412 Lampung Utara, Letkol Inf Andi Sultan, mengucapkan syukur bisa dapat melaksanakan kegiatan di dua tiyuh dalam rangka peresmian kampung Pancasila yang digagas oleh Kodim 0412/LU dengan kerjasama Pemkab Tubaba.

"Yang mana ini merupakan perintah dari Kasad Jendral TNI Dudung Abdurachman untuk membangkitkan semangat Pancasila dan menumbuhkan jiwa nasionalisme dimasyarakat," ungkapnya.

Andi menjelaskan, Perkembangan zaman saat ini sangat pesat sehingga perlu menumbuhkan kembali nilai nilai Pancasila sehingga meskipun zaman semakin berkembang modern tetapi nilai nilai Pancasila harus tetap melekat pada diri masyarakat

"Pimpinan TNI mengharapkan kerjasama dari berbagai sumber dan Pemkab Tubaba desa yang lain juga bisa menjadi kampung Pancasila. Sehingga generasi penerus kita memiliki Norma dan perilaku yang baik sehingga toleransi dan tenggang rasa tetap terjalin di seluruh masyarakat," harapnya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos